Jumat , 19 Juli 2019
Home / Pemerintah / Bypass Lembar-Kayangan Terancam Gagal
Ir. Wedha Magma Ardhi

Bypass Lembar-Kayangan Terancam Gagal

MATARAM, DS – Pembangunan jalan bypass dari Lembar, Lombok Barat menuju Kayangan, Lombok Timur terancam batal direalisasikan tahun ini. Padahal, proyek yang akan menelan dana mencapai Rp 5 triliun itu merupakan janji langsung Presiden Joko Widodo kepada warga NTB saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2016 lalu di Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB Ir. Wedha Magma Ardhi membenarkan hal itu. Menurutnya, saat rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada Selasa sore (21/2) lalu, Presiden meminta proyek jalan bypass Lembar ke Kayangan itu agar dikaji ulang. “Sehingga, bisa kita artikan terancam batal,” ungkap Wedha menjawab wartawan, Kamis (23/2).

Ia mengatakan, pembangunan ruas jalan yang akan dibangun sepanjang 103 kilometer agar dapat menjadi jalur logistik nasional, nampaknya dikritik oleh Presiden dalam pertemuan yang dihadiri oleh Gubernur NTB itu. Alasan orang nomor satu di Indonesia dipicu pemerintah pusat saat ini tengah fokus membangun jalan tol laut untuk mempermudah jalur logistik.

“Kata pak Presiden, alasannya nggak tepat. Kan pusat sedang bangun jalan tol laut untuk jalur pengiriman logistik, jadi nggak perlu buat jalur lewat darat,” kata Ardhi.

Menurutnya, agar bisa membangun sebuah proyek nasional, harus dipastikan feasibility Study (FS) terlebih dahulu oleh pihak Balai Jalan Nasional (BJN). Sementara saat ini, proses FS itu belum juga dirampungkan. Akibatnya, pihaknya pun belum mengetahui seperti apa detail kajiannya.

“Kalau FS bagus dan disetujui, baru bisa dilanjutkan dengan membuat DED. Makanya tahun ini kedua hal itu jadi prioritas kita. Termasuk, penyusunan dokumen amdalnya,” ujar Wedha Magma Ardhi. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Komplek Kantor Bupati Lombok Utara Dibangun 2020

KLU, DS-Direncanakan pembangunan komplek kantor Pemerintahan Kabupaten Lombok Utara (KLU) dibangun tahun 2020. “Pembangunan pusat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: