Minggu , 5 April 2020
Home / Pemerintah / Bupati Najmul Akhyar Pelopori Pengisian Data SP Online 2020
Bupati Najmul ketika mengisi SP Online

Bupati Najmul Akhyar Pelopori Pengisian Data SP Online 2020

KLU, DS-Dalam rangka menyediakan data penduduk yang detail dan mendalam baik data jumlah, komposisi, kontribusi dan karakteristik penduduk untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) meluncurkan program Sensus Penduduk Online (SP Online).

Bertempat di Pendopo Bupati Lombok Utara BPS KLU pada Sabtu (15 Februari 2020), mengawali proses pendataan sensus penduduk, pengisian pertama data SP Online dipelopori Bupati Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH.

Usai mengisi data SP Online, H. Najmul Akhyar didampingi Kadis Dukcapil H. Fahri kepada awak media mengatakan, dirinya telah melakukan pengisian data secara online untuk kepentingan SP Online yang dilaksanakan oleh BPS mulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

“Saya mengawali mengisi data SP Online ini dan saya imbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Lombok Utara agar segera berpartisipasi pada sensus penduduk ini untuk mengisi data mereka dengan sistem online,” ujar bupati seraya mengharapkan seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang tersedia.

“Saya berharap masyarakat tidak ada yang tidak sampai mengisi data ini lantaran data masyarakat ini nanti kita gunakan untuk mengambil kebijakan,” harap bupati yang juga sekjen APKASI ini.

Oleh karena itu, untuk mendukung program pemerintah dalam kebijakan dan persoalan yang ada di masyarakat, setiap individu wajib mengisi data-data identitas diri secara online. Jika kemudian ada masyarakat Lombok Utara yang tidak mengisi data, pengaruhnya data yang dimiliki tidak valid sehingga dampak lanjutannya bisa jadi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah akan bias.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BPS telah melaksanakan program ini dengan dukungan penuh Dukcapil,” kata H. Najmul Akhyar

Ia kemudian menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kominfo serta Humas dan Protokol Setda KLU yang sudah berperan aktif dalam penyebarluasan kegiatan-kegiatan pemerintah daerah selama ini.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada kehumasan dan Kominfo yang selalu menyampaikan kegiatan-kegiatan pemerintah daerah kepada masyarakat, juga kepada para pewarta,” katanya mengakhiri sambutan.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kominfo KLU, H. Muhammad, S.Pd, mengungkapkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh OPD KLU dan jajarannya agar turut berpartisipasi secara aktif dalam sensus penduduk online tahun ini. Begitu juga masyarakat agar mendukung penuh.

“Di sinilah kita bisa melihat manfaat dari digitalisasi. Mari kita manfaatkan dengan baik karena itu berhubungan dengan jati diri kita. Data kependudukan merupakan kebutuhan dasar untuk melaksanakan pembangunan di KLU.

Disampaikan juga oleh mantan Kadis Budpar itu, kolaborasi antara BPS, Dukcapil dan Kominfo menunjukkan semakin majunya pembangunan diera digitalisasi.

Kepala BPS KLU, Ir. Muhadi, mengapresiasi Bagian Humas dan Protokol, Diskominfo dan media liputan KLU. “SP Online ini dilaksanakan selama satu setengah bulan mulai 15 Februari sampai 31 Marat 2020,” tuturnya.

Muhadi mengemukakan sensus penduduk tahun 2020 memiliki dua tujuan, yaitu menyedikan data jumlah komposisi, kontribusi serta karakteristik penduduk Indonesia dalam mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Lalu menyediakan parameter demokrasi dan proyeksi penduduk.

Diuraikan Kepala BPS KLU itu, penduduk adalah obyek dan subyek dari pembangunan itu sendiri. Oleh karena itu, pemerintah sangat penting mengetahui jumlah penduduknya untuk kebutuhan pembuatan perencanaan, monitoring dan evaluasi program yang dilaksanakan.

“Setiap penduduk KLU mesti memastikan dirinya tercatat dalam SP 2020. SP Online ini berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya karena menggunakan metode kombinasi dilakukan melalui 2 tahapan,” jelas Muhadi.

Selain itu, besaran persentasi target yang harus dicapai dalam SP Online 2020 khusus dalam lingkup BPS KLU paling sedikit 25 persen di atas target BPS Provinsi NTB.

Menjamin kelancaran proses pendaatan pada wilayah-wilayah yang jaringan internetnya kurang, maka strategi yang diambil BPS KLU dengan melakukan pendatan sensus penduduk dengan 2 metode yaitu metode online dan metode wawancara.

Muhadi juga menjelaskan kerahasiaan data dalam SP 2020 dilindungi negara serta tidak akan dibocorkan. “Pengisian data jika ada human eror akan ada informasi secara online dan jika ada kekeliruan maka data tersebut tidak bisa terkirim,” tutup Muhadi.

Sementara itu, Sekdis Dukcapil KLU, Tresnahadi, S.Pt, mengatakan, tujuan dilaksanakan SP Online 2020 juga untuk memvalidasi data-data kependudukan di KLU. Pasalnya, data dasar yang digunakan dalam sensus penduduk tahun ini adalah data base kependudukan yang disiapkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Oleh karena, jajaran Disdukcapil KLU juga mengimbau seluruh masyarakat Lombok Utara untuk mengikuti sensus penduduk online mulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

“Jika kita tidak ikut berpartisipasi aktif misalnya, terus jika ada data kita yang kurang valid maka itu akan tetap tidak valid. Data yang kurang valid akan valid bilamana mengikuti sensus penduduk,” terangnya dihadapan awak media. Man

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Bupati Najmul Adakan Rapat Terbatas Satgas Penanganan Covid-19

Tanjung, DS – Dalam rangka pencegahan virus corona tingkat kabupaten, Bupati Lombok Utara, Dr. H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: