Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemerintah Tak Boleh Kesampingkan Sekolah Swasta

0 9

LOBAR,DS-Mengingat sektor pendidikan merupakan salah satu dari 3 hal yang penting sebagai indikator peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bersama kesehatan dan ekonomi. Maka, pemerintah harus memberi perhatian yang besar terhadap pembangunannya. Terlebih, dengan telah dilakukannya amandemen Undang-Undang Dasar 1945 yang kemudian mengamanahkan pengalokasian 20% anggaran bagi pembangunan sektor pendidikan.

Karenanya, Pendiri Universitas Gunung Rinjani, HM. Ali Bin Dachlan menegaskan bahwa pemerintah harus memberikan perhatian besar terhadap peningkatan pembangunan di sektor pendidikan dengan melakukan pengembangan yang berkeadilan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri. Demikian disampaikannya saat menghadiri acara wisuda Strata 1 Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny, Kediri Lombok Barat.

Sejauh ini, lanjutnya, Pemerintah masih lebih banyak fokus membangun dan mengembangkan sekolah-sekolah negeri dibandingkan sekolah swasta. Padahal, kegiatan pendidikan lebih banyak digerakkan pihak swasta. Kondisi ini menunjukkan bahwa pembangunan sektor pendidikan masih lemah.

Dikatakan bakal calon Gubernur NTB yang bersaing melalui jalur independen ini, pemerintah seharusnya tidak boleh mengenyampingkan pendidikan yang digerakkan pihak swasta dengan lebih fokus pada pembangunan pendidikan di sekolah-sekolah negeri. Jika, sekolah swasta luput dari perhatian pemerintah. Maka, pemerintah dapat dikatakan telah melanggar amanah konstitusi.

“Pemerintah tidak boleh memandang sebelah mata pada sekolah-sekolah yang dijalankan pihak swasta. Jumlahnya lebih banyak dari sekolah-sekoah negeri. Jika, keberadaan sekolah swasta tidak juga mendapatkan perhatian yang sama dengan sekolah negeri. Pemerintah telah melanggar amanah konstitusi”, tegas HM. Ali Bin Dachlan di Kediri.

Di akhir sambutannya dalam kegiatan tersebut, HM. Ali Bin Dachlan berharap ke depannya Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny dapat berkembang menjadi sebuah universitas. krisma

Leave A Reply