Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemerintah Meminjam Uang kepada Pemerintah, Begini Kata Ali BD

47

Dr.H.Moch.Ali bin Dachlan

MATARAM, DS-Belakangan mencuat desakan Pemprov NTB meminjam uang kepada PT SMI milik Pemerintah Pusat. Hal ini menuai reaksi mantan Bupati Lombok Timur, Dr.H.Moch.Ali bin Dachlan.

Menurut Ali,  sebagaimana dilansir akun facebooknya, Pemda NTB meminjam dana Rp 750 M kepada  PT SMI milik Pemerintah Pusat merupakan cara keliru. Mengapa keliru?

“Sebab PT SMI mendapat dana dari APBN. APBN mendapat dana dari sebagian utang dan pajak.Utang melalui SUN,SBI,dan lain lain termasuk pinjaman luar negeri,jika dipinjamkan pada pemerintah daerah,pemerintah daerah juga harus membayar bunga pinjaman,” paparnya.

Hal itu berarti pemerintah membayar bunga pinjaman dua kali,karena uang yang akan dipakai membayar oleh Pemda juga berasal dari Pemerintah Pusat baik dalam berbagai dana proyek,DAK,DAU dan lain sebagainya.

“Memang Pemerintah dan pemerintah daerah merasa kesulitan karena adanya Covid 19.Tetapi dalam penyusunan anggaran harus sudah dipersiapkan faktor ketidakpastian melalui anggaran tak terduga.PEMDA NTB harus mulai belajar mengelola anggarannya,bukan dengan istilah”sekeno dateng, sekeno bueq”,” ujarnya. ian

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.