Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemerintah Harus Tegas, Proyek Nasional di KEK Mandalika Harus Tuntas

69

MATARAM, DS – Presiden Joko Widodo menjadikan KEK Mandalika sebagai super prioritas pembangunan nasional dibawah pengelolaan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC). Pada 2021 KEK Mandalika ketempatan sebagai salah satu penyelenggara event berkelas internasional Motor GP. Namun, pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika masih terkendala akibat adanya klaim kepemilikan lahan yang belum selesai.

Menurut Sekretaris KNPI NTB, Lalu Athar, masih terhalang oleh kepentingan segelintir kelompok yang masih abu-abu karena menutup ruang perdata dan lebih pada keinginan person dalam mencari jalan keluar dengan sama-sama bertahan pada kehendak masing-masing.

“Sungguh sangat disayangkan dalam perjalanan ini masih menyisakan persoalan terkait dengan lahan yang masih dalam sengketa klaim dari beberapa orang,” kata Lalu Athar, Jumat (11/9).

Berbagai solusi dan tawaran, ungkap Athar, sudah sering dibahas, baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah maupun Pemerintah Provinsi NTB, namun selalu mengalami kebuntuan.

“ITDC sebagai pengelola kawasan sebagai wakil pemerintah pusat belum ada kata sepakat dengan beberapa pihak soal win-win solution kepemilikan lahan diatas lintasan sirkuit Mandalika yang luasannya kurang lebih sekitar 8 Ha ini,” katanya.

Karenanya Athar meminta pemerintah tidak boleh landai dalam menyikapi soal ini. Tim penyelesaian sengketa yang dibentuk oleh pemerintah provinsi dibawah kendali kepolisian daerah harus tegas bila negoisasi secara persuasif tidak mempan.

“Langkah-langkah yang di ambil oleh Tim ini sudah pada koridor yang tepat, meskipun harus tetap mengedepankan sikap yang lentur dan menghargai hak-hak masyarakat,” imbuhnya.

“Oleh karena itu, mari kita secara bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan pembangunan yang ada di daerah ini untuk kepentingan masyarakat secara umum,” tandasnya. RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.