Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemerataan Ekonomi Masih jadi PR NTB

0 8

MATARAM, DS – Pertumbuhan perekonomian NTB yang kini terus naik signifikan sejak beberapa tahun terakhir, dipastikan masih menuai persoalan. Sebab, jika dilihat dari sisi pemerataan, maka masih ada ketimpangan dan jurang perekonomian yang justru masih dirasakan oleh masyarakat di sepuluh kabupaten/kota di NTB.

Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi mengaku hal itu. Sehingga, persoalan ketimpangan dan pemerataan perekonomian antar rakyat di NTB masih menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya hingga kedepannya. “Masalah ekonomi tidak cukup hanya dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Masih banyak PR agar jurang ketimpangan itu tidak makin membesar kedepannya,” ungkap Gubernur menjawab wartawan, Kamis (9/3).

TGB mengatakan, saat ini, tugas pemerintah adalah bagaimana memastikan agar peningkatan perekonomian dapat dirasakan lebih merata bagi seluruh masyarakat di NTB. Dia mengungkapkan, bicara tingkat ketimpangan pendapatan penduduk di yang diukur dengan gini rasio, NTB memang tergolong cukup baik dengan berada di bawah rata-rata angka nasional. Yakni, rasio NTB mencapai 0,36 persen masih berada dibawah rata rata nasional mencapai kisaran 0,41 persen.

“Tapi, jika kita tidak hati-hati angka bisa naik, tugas kita menurunkan gini rasio. Sehingga, regulasi baik pemprov dan pemda kabupaten/kota di NTB harus dapat memiliki andil agar jangan sampai berdampak pada meningkatnya ketimpangan,” tegas Zainul Majdi. fahrul

Leave A Reply