Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemda Lotim Tanggung Biaya Hidup ODP Selama Karantina

0 40

SELONG,DS- Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy, memastikan Pemda Lotim akan menanggung biaya hidup warga yang terdata sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal ini diungkapkan Bupati saat menggelar rapat evaluasi penanganan Covid-19 di halaman Kantor Bupati Senin (30/03/2020).

Dari data yang dimiliki Pemda Lotim, tercatat 284 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 7 orang Pasien Dalam Pengawasan yang sedang ditangani oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19.

Dana yang akan diberikan oleh Pemda Lotim kepada warga yang berstatus ODP adalah sebesar Rp 200 ribu per orang. Dana tersebut diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan PDP selama proses karantina mandiri di rumah masing-masing.

“Dana yang diberikan kepada mereka Rp 200 ribu per orang. Dengan harapan bisa dibelikan beras 10 kg. Yang lainnya silahkan. Minyak goreng kah, ikan asin kah. Sehingga mereka bisa bertahan dalam isolasi selama 14 hari,” jelas Sukiman seraya menilai jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar ODP selama masa karantina.

Dijelaskan oleh Bupati lebih lanjut, dana tersebut akan disalurkan melalui rekening kecamatan dengan usulan data ODP yang berasal dari Pemerintah Desa setempat.

“Rekening kecamatan ada. Kepala desa mengusulkan berapa jumlah ODP, kemudian dihimpun kecamatan untuk mengajukan kepada kita, hari itu juga turun melalui rekening kecamatan,” ungkapnya.

Bupati juga menyematkan harapan agar tidak ada lagi tambahan data terduga Corona di Kabupaten Lombok Timur. Namun, jika terjadi penambahan, ia pun memastikan kesiapan Pemda dalam penanganannya. “Saya berharap tidak ada tambahan. Namun jika ada tambahan, tentu kita siap untuk melaksanakan tugas,” tegasnya.

Bupati meminta agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menuruti imbauan pemerintah dalam protap pencegahan penularan Covid-19 dengan tidak berkumpul untuk sementara waktu. “Kita mohon kesadaran masyarakat kita, untuk ikuti ketentuan yang berlaku,” katanya.dd

Leave A Reply