BSK Samawa

Pemda Lotim Inisiasi Bangun Pusat Layan Terpadu Untuk UMKM

Selong, DS- Pemerintah Kabupaten Lombok Timur memastikan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Lombok Timur akan naik kelas.

Kepastian itu didapat setelah Lombok Timur disetujui akan dibangun Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) yang kini masih dikebut proses tender atau pelelangan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur H.M.Safwan mengatakan PLUIT ini sebagai wadah atau Rumah untuk semua UMKM, baik dari segi pengemasan, izin, pelatihan sampai dengan permodalan.

Bahkan program yang bersumber dari pusat itu juga menyiapkan 20 item di dalam bangunan dari galeri sampai tempat ibadah.

“Jadi kita Tahun 2024 mendapatkan program dari kementerian Koperasi yang disupport dari DAK Fisik senilai 8,7 Miliyard baik fisik maupun sarana prasarananya yang nantinya PLUT ini include tentang aktivitas UMKM,” ucapnya, Rabu (15/05/2024)

Pada pelaksanaannya, terangnya, PLUT diharapkan menjadi arah baru UMKM Lombok Timur, terlebih Lombok Timur sendiri terdapat 25.000 lebih pelaku UMKM yang tersebar di 21 Kecamatan.

“Sesuai dengan tujuan Pemerintah, diharapkan PLUT ini dapat dimaksimalkan untuk Pelaku Usaha, lebih-lebih banyak sekali pelaku usaha di Lombok Timur,” ujarnya.

Lebih jauh Safwan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan yang ada di Dalam PLUT, Mengingat di NTB sendiri Lombok Timur merupakan Kabupaten keempat yang mendapatkan program tersebut.

Hebatnya lagi, dari beberapa Kabupaten yang mengusulkan hanya 7 Kabupaten yang disetujui salah satunya Lombok Timur.

“Dengan terbangunnya PLUT diharapkan dapat memberikan layanan, dam dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, salah seorang UMKM asal Masbagik, Ratna menyebutkan, adanya layanan terpadu bagi para UMKM sangat dinantikan.

Apalagi, saat ini terkait pengemasan produk usaha juga masih menjadi kendala para UMKM ini naik kelas.
“Seperti semisal kalau kita mau urus ijin BPOM itu kan harus ke mataram, jadi kalau ada tempat yang semua izin yang biasa kita harus urus di luar daerah sekarang ada di Lotim, iti sangat menguntungkan,” katanya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.