Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemda Lotim Bentuk Posko Tanggap Darurat Bencana di Tiap Kecamatan

0 13

SELONG,DS- Bencana alam yang terjadi diwilayah Lombok Timur beberapa waktu lalu mendorong pemerintah daerah untuk pembentuk Posko Tanggap Darurat Bencana di tiap kecamatan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, Lalu Rusnan, beberapa waktu lalu menuturkan 10 Kecamatan tersebut merupakan wilayah yang rentan bencana alam.
“Wilayah utara yang rentan banjir, rentan tanah longsor, dan rentan puting beliung,” tutur Rusnan sembari menyebutkan pemberian anggaran sebesar Rp. 10 juta, dan biaya operasional untuk masing-masing posko.

Adapun posko-posko tersebut akan melakukan kegiatan pemantauan terhadap kondisi diwilayah masing-masing. Serta menggerakkan personil saat terjadi tanggap darurat.

“Jadi, memantau kondisi alam dan menggerakan personil ketika terjadi tanggap darurat,” tandasnya.
Sedangkan untuk personil yang dilibatkan dalam posko tersebut akan dibentuk oleh pihak Kecamatan dengan pelibatan berbagai elemen masyarakat. Hal ini sekaligus menjadi bagian dari edukasi terhadap masyarakat dalam menghadapi tanggap darurat bencana alam.

“Dengan adanya pos itu, Kecamatan akan menggerakkan semua SDM di wilayahnya untuk dibimtek, dilatih bagaimana mengantisipasi dan mengevakuasi di saat terjadi tanggap darurat,” ujarnya.

Personil posko tersebut harus aktif melaporkan kejadian-kejadian ekstrim kepada Pemerintah Daerah, atau dalam hal ini BPBD sebagai leading sektor.dd

Leave A Reply