Menu

Mode Gelap

Dinamika · 10 Jun 2022 17:58 WITA ·

Pembangunan Looping Berhasil, PLN Terus Perkuat Sistem Kelistrikan Lombok


					FOTO. Inilah sistem kelistrikan tegangan tinggi yang dilakukan PLN untuk memperkuat sistem Pulau Lombok. (FOTO. RUL/DS). Perbesar

FOTO. Inilah sistem kelistrikan tegangan tinggi yang dilakukan PLN untuk memperkuat sistem Pulau Lombok. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Pembangunan Looping sistem tegangan tinggi 150 kV Lombok, telah berhasil dilakukan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara. Hal itu ditandai dengan berhasilnya pemberian tegangan pertama pada sistem jalur transmisi SUTT 150 kV Switching – Tanjung, dan SUTT 150 kV Mataram Incomer beberapa waktu lalu.

Looping sistem tegangan tinggi 150 kV Lombok merupakan sistem transmisi yang memiliki tegangan operasional 150 kilo Volt yang terbentang mengitari pulau Lombok melintasi 5 Kabupaten/Kota di pulau Lombok.

Looping sistem ini merupakan interkoneksi jaringan tegangan tinggi 150 kV sebagai penghubung pembangkit-pembangkit yang merupakan backbone penghasil tenaga listrik disistem kelistrikan pulau Lombok.

“Sistem dengan panjang 522 kilo meter sirkuit (kms) ini, ditopang oleh 861 tapak tower dan jarak antar tapak tower rata – rata 300 meter, serta di tunjang oleh 12 Gardu Induk dengan total kapasitas total sebesar 800 Mega Volt Ampere (MVA),” ujar General Manager UIP Nusa Tenggara, Wahidin pada wartawan, Jumat (10/6).

Menurut dia, pihaknya menghabiskan dana investasi lebih dari Rp 1,7 Triliun untuk membangun Looping sistem tegangan tinggi Lombok. Nantinya, sistem ini akan untuk meningkatkan keandalan dan pelayanan kepada pelanggan.

Terlebih, kata Wahidin, infrastruktur ketenagalistrikan, merupakan Projek Strategis Nasional yang merupakan agenda besar pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat.

“Dengan looping jaringan tegangan tinggi, interkoneksi antar gardu induk maupun antar pembangkit yang terinterkoneksi akan meningkatkan keandalan pada sisi pelayanan pelanggan karena pembagian beban kelistrikan lebih stabil,” jelas dia.

Wahidin mendaku, menghadapi tantangan yang kompleks, tentunya pihaknya harus mampu merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat, dan memprediksi kebutuhan beban untuk beberapa jangka waktu kedepan.

Hanya saja, saat pembangunan PLN selalu dihadapkan pada rintangan yang tidak ringan. Yakni, lokasi konstruksi yang melintasi bentang alam Pulau Lombok yang sangat menantang, akses tiap tapak tower yang melewati hutan, pegunungan.

Selanjutnya, kontur kemiringan yang terjal, dan tantangan sosial yang mengharuskan interaksi tim PLN dengan berbagai macam kultur masyarakat dan lokal genius pada setiap wilayah.

“Namun, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal ditambah penggunaan teknologi yang mumpuni, pengambilan keputusan yang cermat, dan tepat sesuai kondisi, menghasilkan proyek pembangunan tersebut dapat di realisasikan dengan aman,” kata Wahidin.

Terkait transformasi. Ia menyatakan, bahwa pihaknya berkomitmen akan mengedepankan pelayanan dari sisi input energi, proses transmisi dan distribusi, serta pelayanan pelanggan.

Hal ini agar keandalan sistem pada sisi teknis, akan memberikan pelayanan yang prima. Harapannya, target PLN menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan untuk solusi energi bisa terwujud.

“Tapi, tantangan untuk merealisasikan amanah sistem ini sangat beragam, yakni dari sisi kontraktual, permasalahan sosial, dan kondisi pandemi, sehingga kami menyampaikan terimakasih yang tinggi kepada segenap pihak dan stakeholder yang turut berperan mensukseskan capaian pembangunan ini,” tandas Wahidin

Untuk diketahui bahwa sistem kelistrikan pulau Lombok memiliki daya mampu sebesar 284,32 MW dengan beban yang ditanggung sebesar 271,06 MW. Dengan daya cadangan sebesar 13,26 MW PLN siap menyambut investasi, dan pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat umum secara baik. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

DKD PWI NTB Serahkan Bonus kepada Peraih Perunggu Porwanas XIII

26 November 2022 - 07:57 WITA

DPD GMNI NTB Gelar Diskusi “Strategi Pemuda Dalam Mendukung KTT G20 dan Pemulihan Nasional”

25 November 2022 - 16:33 WITA

Masifkan Penjaringan Atlit Golf Muda

23 November 2022 - 16:35 WITA

Press Trip JMSI NTB Banyuwangi-Malang (5-selesai), Porwanas XIII, Silaturrahmi dalam Laga

22 November 2022 - 06:05 WITA

Press Trip JMSI NTB Banyuwangi-Malang (4), Kota yang Hidup, Kuliner yang Menggoda

20 November 2022 - 22:42 WITA

NTB Ikuti Sepuluh Cabor Porwanas di Malang

20 November 2022 - 08:42 WITA

Trending di Dinamika