Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pelibatan Satpol PP di Pilkada 2020 jadi Topik Rakornas Pol PP se-Indonesia di Mataram

0 37

MATARAM, DS – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bakal dilibatkan untuk membantu mengamankan perhelatan Pilkada Serentak tahun ini. Nantinya Satpol PP akan berkolaborasi dengan aparat keamanan lainnya.

Dengan begitu diharapkan pada pelaksanaan pilkada tahun 2020 akan berjalan dengan aman dan damai. Satpol PP selain bertugas menegakkan peraturan daerah, juga diberi tugas untuk menjaga ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) NTB, H. L. Dirjahata mengatakan, pentingnya menjaga stabilitas politik, ekonomi, dan keamanan. Stabilitas merupakan faktor penting agar Indonesia menjadi negara terdepan.

“Jadi, pelibatan Satpol PP pada Pilkada Serentak akan masuk menjadi fokus utama yang menjadi agenda rapat koordinasi nasional (Rakornas) Satpol PP yang akan dipusatkan di Kota Mataram saat ini,” ujar Dirjahata menjawab wartawan, Sabtu (29/2).

Ia mengatakan, kolaborasi keamanan di berbagai tingkatan menjadi sangat penting. Terlebih hajatan pemilu serentak kali ini. Ini tidak hanya bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia, namun juga menjadi pandangan negara lain. “Karena, stabilitas penyelenggaraan pemilu serentak 2020 penting untuk menjadi tanggung jawab semua pihak. Makanya, Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) juga akan kita libatkan untuk menyukseskan pemilu. Tentunya keterlibatan ini harus dengan perencanaan berkolaborasi yang baik dengan TNI/ Polri,” kata Dirjahata.

Menurut dia, terpilihnya NTB sebagai tuan rumah, merupakan hasil keputusan pada Rakornas tahun 2019 di Pekanbaru. Kata Dirja, momentum ini sangat berbeda bagi pemprov NTB. Sebab, hal ini akan menjadi kabar untuk menunjukkan kepada dunia luar, bahwa NTB telah bangkit kembali pasca gempa tahun 2018 lalu.

Selain itu, ia juga mengungkapkan tema Rakornas Pol PP tahun 2020 ini adalah “Peningkatan profesionalisme Pol PP dan Satlimas”. Dipilihnya tema tersebut sejalan dengan tugas berat Satuan Polisi Pamong Praja dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di NTB pada bulan September 2020 mendatang.

Sedangkan untuk puncak, acara akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2020, bertempat di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram. Diperkirakan jumlah peserta yang hadir sebanyak 3.000 peserta dari seluruh Indonesia. “Untuk saat ini baru 1.936 orang sudah konfirmasi, target kita 3.000 peserta,” ungkapnya.

Ditambahkan Dirja, puncak upacara akan dihadiri langsung Menteri Dalam Negeri yang akan bertindak selaku inspektur upacara. Selain itu, juga akan pemberian penghargaan Karya Bhakti kepada Gubernur yang salah satunya Gubernur NTB.

“Banyak kegiatan pra acara telah dilakukan, bersih Bandara Selaparang sebagai lokasi pelaksanaan, bersih Pantai dalam mendukung program zero waste di NTB,” ucapnya.

Selain itu, sebelum acara puncak, tanggal 1 Maret akan dilakukan Rakornas yang dihadiri Kasat Pol PP Kabupaten/Kota se-Indonesia. Sedangkan tanggal 2 Maret akan dilakukan bhakti sosial donor darah yang akan bertempat di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB. RUL

Leave A Reply