Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pelayanan Ramah dan Sopan di RS Risa Medika Cakranegara Diatensi

156

MATARAM, DS – Pelayanan di Rumah Sakit Risa Sentra Medika di wilayah Cakranegara, Kota Mataram, menuai atensi pasien. Pasalnya, para perawat dan tim dokter terpantau sama sekali tetap ramah dan tidak sekalipun membedakan kondisi keuangan pasien dalam pelayanannya selama ini.

“Jujur saya kagum, tumben saya dilayani kayak di RS Risa Sentra Medika,” ujar H. Bambang Muntoyo, salah satu pasien penyakit mata pada wartawan, Jumat (31/7).

Menurut dia, saat datang berobat dengan kondisi ganguan mata kanan luka dirinya sengaja menggunakan baju robek-robek serta kusam di salah satu RS swata di Kota Mataram itu, pada Kamis (30/7) pagi lalu.

Namun, anehnya meski dalam kondisi kayak demikian, sejak masuk parkiran hingga ke ruangan UGD dan Poli Mata, justru Bambang merasa dilayani dengan sopan.

Padahal, di sejumlah rumah sakit swasta lainnya serta rumah sakit milik pemerintah, justru dia diharuskan menunggu dan antri terlebih dahulu.

“Tapi di RS Risa saya enggak dibegitukan. Begitu datang dengan menaiki ojek meski kondisi pasien sangat ramai saat itu. Tapi dari mulai Satpam, hingga tenaga medisnya, saya diterima dan dijemput serta diantar hingga ke dalam ruangan pelayanan, baik UGD dan Poli dengan sangat baik. Tumben saya dibeginikan dan dilayani dengan penuh keramahan,” jelas Bambang.

Diakuinya, saat masuk ke pelayanan Poli Mata, dokter spesialisnya. Yakni, dokter Gede Suparta sudah siap menunggu pasien.

Bahkan, kata Bambang, saat konsultasi awal, ia sempat bertanya terkait pelayanan pada pasien yang tidak membedakan kelas dan kondisi pasien tersebut.

“Menurut pak Dokter Gede, pelayanan prima tanpa pandang bulu pada siapapun adalah bagian SOP tenaga medis yang ada di RS setempat. Termasuk, transparansi biaya pengobatan dan perawatan pun juga wajib dibuka pada siapapun pasien yang datang untuk berkonsultasi soal kesehatannya,” ungkapnya.

Bambang pun mengatensi keberanian managemen di RS setempat yang berani membuka biaya pada pasien itu. Pasalya, dengan begitu pasien juga akan bisa memperkirakan kemampuan mereka.

“Kalau di RS lain jarang dan bahkan enggak ada kayak gini. Makanya wajar jika saya bilang dan bermimpi jika RS milik pemda bisa kayak gini pelayananya, maka keluhan masyarakat terkait pelayanan di rumah sakit pemerintah bakal tidak ada lagi kedepannya,” tandas Bambang Muntoyo yang mengaku sudah dua kali datang berobat di RS Risa Sentra Medika itu. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.