Menu

Mode Gelap

Lombok Timur · 9 Jun 2022 14:05 WITA ·

Pekarangan Rumah Marzoan Bernilai Ekonomi Tinggi


					Marzoan Perbesar

Marzoan

SELONG, DS – Sebidang tanah dengan luas 8 are merupakan tempat tinggal bersama keluarga kecilnya. Adalah Ir. Marzoan yang menata pekarangan rumahnya menjadi produktif. Pekarangan itu dimanfaatkan dengan mengusahakan diversifikasi pangan (nabati maupun hewani) seperti anggur, kolam ikan, lebah madu, unggas, walet.

“Setidaknya sampai saat ini pekarangan rumah saya tata memiliki nilai ekonomis dengan 5 jenis usaha yaitu tanaman anggur, kolam ikan, lebah madu Trigona sp, itik, dan burung walet,” kata Marzoan, Rabu (8/6/2022), di rumahnya Dusun Dasan Tapen, Desa Telaga Waru, Kecamatan Pringgabaya, Lotim.

Menurut Marzoan, usahanya tersebut telah mendatangkan manfaat ekonomi setiap beberapa bulan tahun berjalan.

“Untuk madu Trigona sp kita panen setiap 6 bulan sekali dengan harga madu Rp 150.000/botol. Sarang walet panen setiap 3 bulan menghasilkan 1,5 kg setiap sekali panen dengan harga mulai dari Rp 9 juta – Rp 15 juta/kg. Anggur panen 4 kali setahun. Sebanyak 5 pohon anggur (5 kg/pohon) dengan harga Rp 55 ribu/kg. Ikan air tawar (Nila) panen setiap 6 bulan sekali dengan harga Rp 30 ribu/kg. Untuk Itik saat ini saya sedang uji coba bahwa sejumlah 9 ekor bertelur setiap hari tanpa jeda,” terang Marzoan yang sarjana Peternakan ini.

Marzoan mengemukakan usaha pemanfaatan pekarangannya ini akan ditularkan kepada masyarakat setempat atau siapapun yang ingin mengikuti jejaknya. Terutama untuk tanaman anggur yang cara pemeliharaannya mudah.

“Saya siap berbagi ilmu. Untuk tanaman anggur akan saya tularkan kepada masyarakat secara sukarela,” ujarnya, sembari memberikan nomor HP dan alamat tempat tinggalnya.

Menurutnya, ada juga kadang sahabatnya dari desa lain seperti dari wilayah Kecamatan Sakra datang ke sana untuk mencari informasi terkait dengan usaha yabg digeluti dalam pemanfaatan pekarangaj rumah seperti saat ini.

“Kalau misalkan ada yang ingin persis alamat rumah saya, di belakang (sebelah timur) Pondok Pesantren Al- Wustho masuk dari sebelah barat Lombok Hospital Apitaik,” imbuhnya (Kusmiardi).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 86 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hadiri Musda PPNI, Bupati Tekankan Kematian Ibu dan Anak

13 Agustus 2022 - 18:30 WITA

Pencemaran Lingkungan Tidak Boleh Dianggap Kasus Ringan

12 Agustus 2022 - 20:46 WITA

Tetulak Desa, Tradisi Budaya Desa Pringgabaya (2)

12 Agustus 2022 - 19:16 WITA

Lepas Pawai STQ di Pancor, Wabup Lotim Ingatkan Hal Ini

12 Agustus 2022 - 15:30 WITA

Tetulak Desa, Tradisi Budaya Desa Pringgabaya

11 Agustus 2022 - 20:08 WITA

Sejumlah Kecamatan di Lotim Mulai Kekurangan Air Bersih

11 Agustus 2022 - 19:36 WITA

Trending di Lombok Timur