Berbagi Berita Merangkai Cerita

Patroli Rutin Cek Kondisi Patok Perbatasan

55

MATARAM, DS – Perwira Topografi Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Letda Ctp Torang Panjaitan bersama personel pos jajaran Satgas Sektor Timur melaksanakan patroli rutin pengecekan patok perbatasan RI Timor Leste khususnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Demikian dikatakan Komandan Yonif 742/SWY, Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur di Mako Satgas Pamtas Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Selasa (10/8).

Patroli rutin ini, menurutnya, merupakan program rutin yang dilakukan setiap dua bukan sekali oleh personel pos dan Patok secara bergilir, namun apabila ada hal-hal khusus maka dilakukan pengecekan langsung ke lokasi seperti terjadi bencana alam.

“Alhamdulillah hari ini, patroli patok dilakukan personel Pos Salore di 21 patok sesuai tanggungjawabnya, sebelumnya juga dilakukan di Pos Fohuk dan Pos Fohululik,” ungkap Bayu Sigit.

Berdasarkan laporan dari Patop, sambungnya, kondisi terakhir patok masih sama seperti laporan sebelumnya yakni 10 patok hilang terbawa arus sungai akibat badai siklon tropis seroja pada April lalu dan 19 patok berada pada posisi yang mengkhawatirkan karena posisinya berada pada kemiringan dan ketinggian yang rawan longsor. Sedangkan 53 patok berdasarkan serah terima dari Satgas sebelumnya memang sudah hilang dan rusak.

Alumnus Akmil 2003 itu juga berharap semoga tidak ada lagi patok yang hilang ataupun rusak baik karena alam ataupun ulah manusia karena proses pembuatan atau perbaikan patok harus melibatkan kedua negara yang memakan waktu cukup lama. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.