Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pasien Positif Corona Sumbawa Terjangkit dari Pasien Positif Corona Pertama di NTB

0 30

MATARAM, DS – Data Gugus Tugas COVID-19 Pemprov NTB mencatat higga Rabu (1/4) malam sudah ada sebanyak enam kasus positif Covid-19 di NTB, atau bertambah dua kasus dari hari sebelumnya, yakni empat kasus.

Dari jumlah itu, pasien terakhir yang terkonfirmasi perempuan berinisial NY.M berusia 44 tahun asal Desa Lunyuk Rea, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa
itu, teridentifikasi sempat kontak dekat dan kontak erat dengan pasien positif Corona atau Covid-19 nomor urut 01.

“Sehingga, ia ditetapkan menjadi pasien keenam yang terkonfirmasi positif di NTB. Itupun status setelah Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (PDP) telah mengirimkan notifikasi sekitar pukul 17.20 Wita pada Rabu (1/4) malam ke kami (Pemprov NTB),” ungkap Kalak BPBD NTB H. Ahsanul Khalik pada wartawan, Kamis (2/4).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi membenarkan jika pasien keenam tersebut terpapar positif Corona dari hasil kontak tracking satu pasien di Aikmel Lombok Timur. “Jadi, memang iya salah seorang pasien positif di Aikmel Lombok Timur merupakan keluarga dari pasien berinisial M asal Lunyuk. Itu sesuai hasil kontak tracking satu pasien,” ujar Kadikes menjawab wartawan, Kamis (2/4).

Pada Rabu, 11 Maret pasien berinisial M berobat di Puskesmas Aikmel dengan keluhan demam dan batuk pilek. Kemudian setibanya di Lunyuk pada 16 Maret pasien mengalami tidak enak badan, jantung berdebar, tensi naik dan terasa flu. Dia kemudian berobat di Puskesmas Lunyuk.

Pada 17 Maret pasien mengalami lemas dan sesak napas, sehingga diinfus di rumah. Kemudian berlanjut pada 20 Maret melakukan kontrol di Puskesmas yang sama. Di hari berikutnya pasien menjalani tes laboratorium.

Namun pada 24 Maret 2020, pasien yang merupakan guru di SMAN 1 Lunyuk dibesuk oleh 16 muridnya. Sehingga, kini pemerintah daerah melakukan isolasi dan menetapkan status orang dalam pemantauan (ODP) terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan dirinya.

“Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan contact tracking terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan,” ujar Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam siaran tertulisnya yang dikirimkan Kalak BPBD NTB, H. Ahsanul Khalik, Rabu (1/4) malam.

Gubernur mengatakan, hingga kini pasien dalam kondisi membaik dan dirawat di ruang isolasi RSUD H.L Manambai Abdulkadir Sumbawa sejak 26 Maret 2020.

“Penderita saat ini dalam kondisi semakin membaik, menunggu hasil test negatif sebanyak dua kali, sebelum bisa dipulangkan ke rumah,” tandas Zulkiflimansyah. RUL.

Leave A Reply