Berbagi Berita Merangkai Cerita

PASAR DESA MONTONG TANGI DIRESMIKAN

0 19

SELONG,DS-Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Drs H. Rohman Farly,MM  meresmikan ruko pasar Desa Montong Tangi, Kecamatan Sakra Timu. Fasilitas pasar tersebut dibangun oleh pemerintah desa setempat.

Geliat ekonomi Lombok Timur tidak hanya dipusatkan di Kabupaten saja melainkan sampai ke wilayah pedesaan Seperti pembangunan infrastruktur ekonomi berupa ruko pasar yang dibangun oleh Pemerintah Desa Montong Tangi, Kecamatan Sakra Timur.

Pembangunan ruko Pasar yang dibiayai dari Alokasi Dana Desa tersebut diresmikan Sekretaris Daerah Lombok Timur ditandai dengan pemukulan gong, yang dihadiri aparatur pemerintah dan tokoh masyarakat setempat, Kamis (18/05).

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu pemerintah untuk membangun fasilitas ekonomi dengan menggunakan  dana desa sendiri. Ii merupakan kebijakan Pemerintah Daerah dalam melakukan percepatan pembangunan, termasuk infrastruktur ekonomi seperti pasar. Karena  saat ini Pemerintah melakukan penghematan anggaran.

Pembangunan pasar yang digagas oleh Pemerintah Desa selaras dengan misi pembangunan Pemerintah Kabupaten yang saat ini sedang giat membangun infrastruktur ekonomi. Diharapkan fasilitas ekonomi bisa mendukung laju ekonomi masyarakat Lombok Timur.

Sebelumnya camat Sakra Timur, Hasyim.S.Sos, dalam laporanya menyampaikan  bahwa keberadaan pasar tradisonal  dan kios ruko desa Montong Tangi sudah ada sejak dulu.

Pasar tersebut berdiri tahun 1980-an dengan fasilitas seadanya. Namun seiring waktu, pasar tersebut banguannnya lapuk  dan sejak tahun 2015 mulai direncanakan renovasi dengan Aggaran Dana Desa.

Pembangunan pasar dibangun kembali dengan biaya kurang lebih sebesar Rp. 450 juta secara bertahap dari th 2015 s.d. 2017 dengan rincian di tahum 2015 sebesar Rp 300juta dan di tahun 2016 Rp 150 juta.

Pasar tersebut dibangun di atas tanah milik Pemerintah Desa dengan luas 5 are. fasilitas pasar dilengkapi 5 los ruko yang direncanakan utuk 5 dusun di sana. Selajutnya pembangunan pasar ini mengakomodir para pedagang yang berasal dari wilayah setempat.hms

Leave A Reply