Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pasangan Independen Melenggang Mulus ke Pilgub NTB

0 10

MATARAM,DS-Meski melalui jalur yang cukup terjal untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) NTB tahun ini, pasangan jalur independen, HM. Ali Bin Dachlan dan TGH. L. Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni (Ali-Sakti)  mampu melenggang dengan mulus.

Sebagaimana persyaratan yang ditentukan KPU, pasangan dari jalur independen harus menyerahkan salinan KTP dukungan minimal sebanyak 303.331 lembar dan semua itu sudah dipenuhi. Pada penyerahan awal, Tim Ali-Sakti meneyerahkan salinan KTP dukungan sebanyak 327 ribu lebih yang sudah diverifikasi faktual dengan menghasilkan 252.818 dukungan yang memenuhi syarat. Karena belum memenuhi batas minimal, pasangan Ali-Sakti melakukan perbaikan dan kembali menyerahkan salinan KTP dukungan sebanyak 138.693 lembar.

Terhadap salinan KTP dukungan tambahan calon independen ini, KPU juga telah melakukan proses verifikasi faktual. Untuk memenuhi target minimal 50.513 lembar KTP yang memenuhi syarat, pasangan Ali Sakti  tidak kesulitan. Dan berdasarkan catatan tim pemenangan, pasca dilakukan verifikasi faktual lanjutan yang berakhir 5 Februari lalu, pasangan Ali Sakti melenggang mulus ke Pilgub NTB.

Dalam Rapat Pleno Terbika Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan Hasil Perbaikan Gubernur dan Wagub NTB 2018 yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, Sabtu (9/2), nampak sebaran dukungan tambahan di 10 kabupaten kota. Bahkan jika ditotal, dukungan mencapai 325.968 atau melebihi dukungan minimal yang ditetapkan KPU NTB sebanyak 303.331.

Sebelumnya, optimisme Tim Pemenangan Pasangan Ali Sakti bisa mengikuti Pilgub NTB kali ini sangat berdasar jika dilihat dari hasil pleno rekapitulasi perbaikan syarat dukungan pasangan perseorangan KPU Lombok Timur saja, satu-satunya pasangan melalui jalur independen ini mampu meraup dukungan memenuhi syarat sebanyak 40.913.

Kekurangan 10 ribu kurang itu cukup ditambal dengan perolehan hasil verifikasi faktual di wilayah Kabupaten Lombok Tengah yang menargetkan 20 ribu lebih dukungan memenuhi syarat dan terbukti target tersebut terlampaui.

Dalam pertemuan tersebut, pasangan Ali Sakti dinyatakan lolos dan berhak ikut Pilkada Gubernur NTB 2018.  (ian, kis)

Leave A Reply