PHRI NTB Bidik Wisman China – Duta Selaparang
Jumat , 24 Mei 2019
Home / Pariwisata / PHRI NTB Bidik Wisman China
Lalu Abdul Hadi Faisal, Ketua PHRI NTB

PHRI NTB Bidik Wisman China

MATARAM, DS – Potensi pengembangan promosi wisata NTB seharusnya banyak diarahkan ke Malaysia. Hal itu menyusul ada potensi kedatangan wisatawan asal China ke negeri Jiran yang justru mengalami peningkatan signifikan tiap tahunnya. Tak tanggung-tanggung, di tahun 2016 lalu, angka kunjungannya mencapai 1,9 juta orang yang berasal dari turis China ke Malaysia.
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Abdul Hadi Faisal, mengaku telah melakukan kajian terkait membludaknya kunjungan wisman China ke Malaysia itu.
“Saya sudah ke sana, ada trend wisman turis China di Malaysia kebingungan mau kemana selanjutnya. Umumnya, mereka banyak yang meneruskan perjalanan ke Bali, Jakarta, dan negara lain. Jadi, bagi kami, ini pasar yang potensial untuk Lombok jika kita mulai garap serius,” ungkapnya menjawab wartawan, Jumat (17/2).
Hadi mengatakan, saat ini sektor pariwisata NTB terus mengalami peningkatkan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penampakan turis asing dari negara-negara Eropa, Australia, Amerika Serikat, hingga timur tengah yang biasanya terpaku di Gili Trawangan, Lombok Utara, dan Pantai Senggigi, Lombok Barat, mulai menyebar ke sejumlah objek wisata di wilayah lain yang ada di Lombok.
Terkait Pemerintah Malaysia. General Manager D’Praya Hotel itu menjelaskan, pemerintah telah menargetkan angka kunjungan mencapai 9 juta wisatawan asal Cina untuk tahun 2017. Oleh karenanya, akan sangat potensial jika pasar turis Cina yang telah berada di Malaysia melanjutkan perjalanan wisatanya ke Lombok.
Apalagi, kata dia, akses penerbangan langsung dari Malaysia ke Lombok saat ini sudah mencapai tiga kali sehari. “Itu pun bisa bertambah jika menggunakan rute penerbangan dalam negeri semisal dari Jakarta atau Bali ke Lombok. Dan, tinggal bagaimana manajemen maskapai bisa memberikan harga khusus dalam menggaet wisatawan Cina di Malaysia untuk ke Lombok, disinilah tugas pemerintah daerah dapat menyakinkan pihak maskapai itu,” ujar Abdul Hadi Faisal. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gunakan Kapal Cepat, Gubernur Zul Silaturahim ke Masyarakat Moyo

Sumbawa,DS– Usai meresmikan dan melaunching Kapal Cepat rute Pelabuhan Badas – Pulau Moyo, Gubernur NTB, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: