Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Pariwisata / Bau Nyale Dibanjiri Ribuan Warga
Warga masyarakat terlihat memadati Pantai Seger, Loteng guna menangkap cacing laut yang dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika

Bau Nyale Dibanjiri Ribuan Warga

LOMBOK TENGAH, DS – Ribuan warga masyarakat memadati Pantai Seger di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Kamis malam (16/2). Mereka yang datang bersama keluarga di kawasan KEK Mandalika Resort itu menghadiri Festival Bau Nyale tahun 2017.
Tradisi unik tahunan oleh masyarakat suku Sasak itu untuk menangkap cacing laut yang dipercaya warga sebagai jelmaan seorang putri raja dalam legenda Putri Mandalika. Warga rela menginap di tepi pantai sejak Kamis sore, karena cacing laut tersebut muncul biasanya pada Jumat pagi sekitar pukul 03.00-07.00 Wita.
Salah seorang warga Mataram, Sauki, mengatakan, kedatangannya guna menangkap cacing laut berwarna hijau, coklat, dan merah yang dipercayainya merupakan sebuah berkah jika berhasil ditangkap. “Setiap tahun saya datang ke acara Bau Nyale ini. Ini tradisi budaya yang memang nyata terkait kemunculan cacing laut itu,” ungkapnya menjawab POS BALI, Jumat (17/2).
Karyawan PT AP I BIL itu mengakui hasil tangkapannya itu akan dibawa pulang. Selanjutnya, dimasak dan dikonsumsi. Menurutnya, cacing laut itu kaya akan protein.
“Sudah saya buktikan, makanya saya selalu hadir tiap tahun kesini (Pantai Seger),” kata Sauki.
Bau Nyale erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika, seorang putri raja yang memiliki paras cantik dan budi pekerti baik.Lantaran, kecantikannya, Putri Mandalika diperebutkan oleh pangeran-pangeran kerajaan di sekitarnya.
Mereka semua ingin mempersunting Putri Mandalika. Namun, karena tidak ingin terjadi pertumpahan darah, Putri Mandalika memilih mengorbankan dirinya dengan terjun ke laut. Masyarakat suku Sasak Lombok percaya bahwa cacing laut yang muncul setiap Bau Nyale merupakan jelmaan dari putri jelita tersebut.
“Setiap tahun masyarakat akan hadir di pantai untuk menangkap cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Kegiatan ini adalah ajang silaturhami yang dinantikan oleh warga Lombok Tengah juga NTB,” kata Wakil Bupati Loteng, HL. Fathul Bahri.
Pemkab Loteng, ungkap dia, dalam event tahunan tersebut menangkap sinyal jika Festival Bau Nyale dapat dijadikan sebagai salah satu potensi pariwisata. “Festival Bau Nyale dapat dijadikan cara mengenalkan kisah legenda Putri Mandalika kepada dunia luar,” ujar Fathul.
Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata NTB HL. Muhamad Faozal mengakui, perhelatan Festival Bau Nyale kali ini, merupakan bentuk sinergi yang apik antara pemerintah pusat, pemprov NTB,pemda Loteng, dan para pelaku industri wisata.”Festival ini paling dinantikan, tradisi Bau Nyale pesta milik rakyat sejak puluhan tahun silam,” tandas Faozal.
Dalam legenda Sasak, Putri Mandalika sendiri merupakan anak dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting. Ia dikenal tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cantik dan memesona. Kecantikannya tersebar hingga ke seluruh Lombok sehingga Pangeran-Pangeran dari berbagai Kerajaan seperti Kerajaan Johor, Kerajaan Lipur, Kerajaan Pane, Kerajaan Kuripan, Kerajaan Daha, dan Kerajaan Beru berniat mempersuntingnya.
Sang Putri menjadi gusar. Pasalnya, jika memilih satu di antara mereka maka akan terjadi perpecahan dan pertempuran di Gumi Sasak, nama lain Pulau Lombok. Sang Putri akhirnya mengundang seluruh pangeran beserta rakyatnya untuk bertemu di Pantai Kuta, Lombok pada tanggal 20 bulan ke-10 menurut perhitungan bulan Sasak tepatnya sebelum Subuh.
Di hadapan para pangeran dan rakyatnya, Sang Putri meloncat ke dalam laut. Seluruh rakyat yang mencarinya tidak menemukan jasadnya. Setelah beberapa saat, datanglah sekumpulan Cacing berwarna-warni yang menurut masyarakat dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Kisah ini menjadi salah satu event yang paling ditunggu-tunggu baik bagi masyarakat Lombok maupun para wisatawan. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Imbas Penerbangan Langsung, Wisatawan Australia ke NTB Naik Empat Kali Lipat

Mataram,DS – Dibukanya penerbangan langsung Lombok – Perth memberikan kontribusi yang mengagumkan dalam mendongkrak pertumbuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: