Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pangdam Udayan Tinjau Program Ketahanan Pangan di Dompu

12

FOTO. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat mengunjungi Desa Ta’a, Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. (FOTO. HUMAS KOREM WIRABHAKTI/DS).

MATARAM, DS – Program ketahanan pangan di Desa Ta’a, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, yang sudah berjalan lama oleh masyarakat setempat, dikunjungi Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Didampingi Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Pangdam meninjau penanaman tanaman bawang yang digarap Koramil 1614-02/Kempo diatas areal seluas 1,6 hektar.

Pangdam memuji ketahanan pangan di wilayah setempat lantaran lahan yang terletak di belakang Koramil itu, tanamannya tumbuh subur dan siap panen. Padahal, lahan itu dimiliki hanya 60 are milik Koramil. Sementara, 1 hektar dimiliki oleh masyarakat.

“Kemitraan antara aparat TNI di Kecamatan Kempo yang dilakukan Dandim 1614/Dompu ini merupakan wujud konkrit peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 melalui pertanian,” kata Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam siaran tertulisnya, Rabu (28/4).

Menurut Pangdam, dari hasil sidaknya melihat program ketahanan Desa Ta’a, Kecamatan Kempo, terlihat capaian ini sudah sangat bagus. Apalagi, kemitraan antara jajaran TNI dan masyarakat berjalan sangat baik.

“Tinggal ditingkatkan saja di masa yang akan datang, sehingga kebutuhan pangan terutama di wilayah Kabupaten Dompu bisa terpenuhi,” ujarnya.

Pangdam mengungkapkan, saat ini, kebutuhan pangan ini tidak hanya di Indonesia. Namun masyarakat internasional juga terus merasa kekurangan. Untuk itu, kebutuhan pokok makanan tersebut menjadi hal pokok yang harus serius ditangani.

Apalagi, lanjut dia, permasalahan saat ini adalah pendistribusian pascapanen mulai dari petani hingga kepada konsumen.

“Ini yang harus diperhatikan sehingga petani tidak merasa kesulitan dalam pemasaran pasca panen,” ucap Pangdam.

Pangdam IX/Udayana memastikan, pihaknya akan mendukung upaya irigasi melalui Kodim 1614/Dompu. Hal ini diharapkan, dapat membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan perikanan

“Semoga, harapan bangsa untuk mandiri pangan bisa terealisasi dengan baik dan dimulai dari wilayah Kabupaten Dompu,” tegas Pangdam.

Mengakhiri arahannya, Alumnus Akmil 1992 tersebut juga mendorong masyarakat untuk membuka lahan yang mereka miliki dengan menggunakan alat-alat yang ada baik di Kodim maupun di Dinas Pertanian, sehingga biaya korsnya berkurang.

“Jika ingin buka lahan yang memang miliknya sendiri, nanti Kodim mengajak timnya bersama Dinas Pertanian untuk membantu alatnya sampai selesai, sehingga petani termotivasi untuk menggarap lahannya,” ungkap menantu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan itu.

Terpisah, Camat Kempo Lukman, BA mengaku, bangga atas kehadiran Pangdam IX/Udayana dalam rangka mengunjungi petani bawang di wilayahnya yang nota benanya merupakan binaan Koramil 1614-02/Kempo.

“Adanya pertanian bawang sudah mampu merubah ekonomi masyarakat Kempo. Saya berharap dukungan dan pendampingan dari jajaran TNI agar para petani di Kecamatan Kempo berhasil dan sukses di bidang pertanian,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.