Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pangdam IX/Udayana Minta Jajaran TNI Kerja Serius Tuntaskan RTG

0 11

MATARAM, DS – Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, didampingi Komandan Korem 162/WB Kolonel Ahmad Rizal Ramdhani meninjau beberapa lokasi percepatan rehab rekon pascakedatangan tenaga bantuan dari Satgas rehab rekon terpadu Zeni TNI tahap kedua pada Kamis (5/3).

Sejumlah lokasi yang dikunjungi Pangdam IX/Udayana. Diantaranya, di Kecamatan Gunungsari Lombok Barat dan Kecamatan Pemenang, KLU.

Menurut Pangdam dari hasil kunjungannya kali ini, umumnya jumlah rumah yang rusak akibat gempa bumi tahun 2018 lalu. Yakni, sekitar 75 persen sudah dikerjakan oleh Satgas rehab rekon Zeni TNI pada tahap pertama. “Dan, sisanya akan diselesaikan oleh Satgas rehab rekon pada tahap kedua saat ini,” ujar Pangdam menjawab wartawan, kemarin.

Ia mengatakan, pelaksanaan rehab dan rekon tahap kedua ini akan diselesaikan dalam waktu tiga bulan kedepan. Hanya saja, lantaran sasaran yang begitu besar dan letaknya tersebar dibanyak tempat serta tidak berada satu titik, maka hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam penyelesaiannya.

“Kondisi dilapangan ini sudah kita laporkan ke pak Wakil Presiden RI saat kunjungan ke Lombok beberapa waktu lalu. Intinya, sesuai arahan pak Wapres, jika memang membutuhkan waktu lebih, maka kami dipersilahkan,” kata Pangdam.

Meski memperoleh lampu hijau untuk penambahan waktu pengerjaan. Namun pihaknya masih optimis akan tetap bisa mempercepat penyelesaian rumah tahan gempa (RTG) sesuai perencanaan yang sudah digariskan.

“Hal ini kita maksudkan tidak lain agar masyarakat tidak lagi kesusahan dengan tempat tinggal dan bisa membantu menghilangkan trauma gempa mereka dengan cepat dibangunnya kembali rumah mereka,” ucap Pangdam.

Ia berharap kepada Prajurit Zeni TNI yang sudah mulai bekerja untuk terus memberikan dorongan dan motivasi kepada masyarakat dalam menyelesaikan pembangunan perumahannya itu.

“Saya minta aparat TNI agar sikap menyakinkan dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat dengan tulus dan ikhlas sehingga tercatat sebagai amal ibadah agar digelorakan. Ingat, ini tugas negara,” tegas Pangdam saat meningstruksikan jajaran TNI.

Ia menambahkan, kecepatan kinerja jajarannya tentu tidak lepas dari sinergitas semua unsur yang ada di wilayah terdampak gempa. Khusunya, pemerintah daerah dengan seluruh perangkat-perangkatnya, termasuk BNPB maupun BPBD. RUL.

Leave A Reply