Berbagi Berita Merangkai Cerita

PANDAN DURE, Dari Bendungan ke Rumah Penduduk

0 24

SELONG,DS-Manfaat Waduk Pandan Dure semakin meningkat. Hal tersebut dilihat dari banyaknya debit air yang mulai ditampung. Ada ratusan ribu liter yang pemanfaatannya diatur oleh BWS (Badan Wilayah Sungai) NTB. Air Pandan Dure tersebut akan menyuplai kebutuhan air bersih penduduk hingga ke wilayah Keruak dan Jerowaru.

Dirut PDAM Lombok Timur (Lotim), Ir. Muh.Isro’I, MM., Kamis (6/4/17), mengemukakan saat ini PDAM masih meneruskan program sebelumnya (2016) yaitu meningkatkan pelayanan air bersih bagi para pelanggan PDAM di Lotim, dengan melakukan beberapa terobosan. Terobosan dimaksud berupa pembuatan sumur bor di beberapa titik untuk para pelanggan yang ada di Selong dan Labuhan Haji.

“Diantaranya kita akan membuat sumur bor di dekat sumber mata air di Suryawangi Labuhan Haji,” ungkapnya.

Untuk pemanfaatan Bendungan Pandan Dure, beberapa titik yang difokuskan dalam kurun waktu 8 bulan kedepan adalah pemasangan pipa jaringan PDAM untuk para pelanggan yang ada di Keruak dan Jerowaru. Proyek itu sudah ditenderkan dan sudah ada pemenangnya.
“Kontraktor tersebut sudah melakukan kegitan mulai dari April ini hingga 8 bulan ke depan,” ujar Isro’i.

Diakuinya, hak PDAM untuk mengelola air dari Bendungan Pandan Dure sudah diterima/didapatkan dari BWS NTB. Karena itu pemanfaatan air Bendungan Panda Dur untuk air bersih bagi pelanggan PDAM maupun untuk persawahan sudah dalam kondisi aman.

“Sudah dihitung oleh BWS selaku pengeloa bendungan,” imbuhnya.

Air akan dialirkan lewat pipa bawah tanah berdiameter 20 cm yang akan melewati tujuh desa. Pengelolaannya akan dipusatkan di Pematung Sukadana Kecamatan Keruak.

Kata Isro’i, BWS memberikan jatah air dengan debit 50 liter/detik. Dengan diberikannya pemanfaatan air Bendungan Pandan Duri untuk air bersih, maka para pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Keruak dan Jerowaru bisa terpenuhi.

Menurutnya, 50 liter/detik itu bisa dimanfaatkan 4.000 pelanggan dengan asumsi jika 1 pelanggan itu terdiri dari 5 orang, maka penduduk yang akan merasakan manfaat air bersih itu sebanyak 20,000 orang di Desa Keruak dan Jerowaru.

Di samping itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas PU NTB untuk pembuatan air sumur di beberapa titik antaranya di Desa Kembangsari untuk pelanggan di Labuhan Haji dan di Desa Kotaraja. Pembuatan sumur bor tersebut dari mata air di Desa Mekarsari, sedangkan di bagian Desa Sikur dan Kotaraja ada mata air di pinggir sungai yang dapat dimanfaatkan.

“Untuk memenuhi dan mengoptimalkan air bersih serta memungkinkan peningkatan jumlah pelanggan nantinya,” cetusnya.

Dikatakannya, saat ini PDAM bisa mengusahakan mendapatkan pelanggan hingga 3.000 orang/tahun. “Insya Allah ke depan dengan kondisi sumber mata air yang memadai kita bisa mendapatkan debit air 200 liter/detik,” tandasnya. kusmiardi.

Leave A Reply