Berbagi Berita Merangkai Cerita

Ortu Perlu Dampingi Remaja Ambil Keputusan

17

Mataram,DS – Ketua TP – PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengimbau para orang tua (Ortu) untuk serius meluangkan waktu terbaiknya mendampingi anak dalam mengambil keputusan – keputusan penting dalam momen hidupnya.

Menurut Bunda Niken, sapaan akrabnya, setiap remaja memiliki hak dalam memilih dan mengambil keputusan. Namun, tetap diperlukan peran orang tua dalam memberikan arahan agar berbagai keputusan yang dipilih dapat dipertanggungjawabkan.

“Semua remaja berhak dalam berbicara maupun mendengarkan, sehingga kita juga harus mengarahkan agar anak – anak kita pintar dalam mengambil keputusan,” tutur Bunda Niken dalam talkshow rutin Kajian Bareng (Kabar) Bunda Niken yang berlangsung di Pendopo Gubernur NTB, Rabu (10/11).

Menurut Bunda Niken, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam proses pendampingan yaitu dengan cara menjalin komunikasi dua arah, membantu remaja dalam mengenali potensi diri dan meningkatkan kemampuan, bekerjasama dengan guru, mengenalkan anak pada ajaran norma dan nilai agama.

“Mengontrol remaja dalam penggunaan telepon pintar dan menonton, menghilangkan persepsi “pacaran adalah semangat belajar, ini penting meluruskan diksi dan paradigma yang keliru” imbau Bunda Niken yang juga merupakan Ketua Dekranasda Provinsi NTB tersebut.

Sementara itu, narasumber lainnya Agus Siswo Utomo, S.Pd selaku Kepala Seksi Peserta Didik Bidang Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. NTB, menjelaskan bahwa setiap anak yang lahir memiliki potensi yang begitu hebat jika terus dikembangkan dengan memberikan pilihan kepada anak – anak.

“Anak yang sudah kita rawat sekian belas tahun tentu mendapatkan berbagai bentuk arahan dari orang tua, dimana setiap pilihan yang diambil anak, maka ia akan belajar untuk mengambil tanggungjawab terhadap pilihan tersebut,” jelas Agus.

Kajian Bareng Bunda Niken sendiri merupakan kegiatan rutin yang digagas dan disiarkan langsung di fanpage official Bunda Niken setiap minggunya.kmf

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.