Berbagi Berita Merangkai Cerita

Organisasi Hindu NTB Komit Kawal Pilkada Mataram 2020 dengan Kondusif

68

FOTO. Inilah puluhan tokoh umat Hindu lintas organisasi yang menyatakan sikap untuk kompak menjaga dan merawat keberagaman serta kondusifitas daerah dalam Plkada Mataram 2020. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS- Aliansi Organisasi Kemasyarakatan Umat Hindu NTB berkomitmen akan terus merawat keberagaman dan kondusufitas daerah selama berlangsungnya Pilkada Serentak 2020, khususnya di Kota Mataram.

Selain itu, aliansi yang berisi para tokoh umat Hindu lintas organisasi. Diantaranya, PCM, ICHI, Paradah. Prajaniti dan KMHDI mengimbau agar masyarakat dapat menjalankan proses pemilukada dengan santun dan tidak mudah terprovokasi isu-isu politik.

“Pada dasarnya segenap organisasi umat Hindu hadir dan berkumpul saat ini, justru ingin menjadi penyejuk di tengah hiruk-pikuknya proses pilkada dalam masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Sekjen Aliansi Organisasi Umat Hindu, I Wayan Karioka saat menyampaikan sambutannya pada simakrame dan dialog tokoh umat Hindu Kota Mataram di STAN Gde Puja Mataram, Sabtu (24/10).

Ia menyatakan, dalam setiap pemilu dukungan masyarakat kerap terpecah-pecah hingga akhirnya bermuara pada gesekan di masyarakat.

Hal ini dijelaskannya, karena tingkat kematangan dan kedewasaan masyarakat masih rentan dalam menyikapi pola-pola politik yang terjadi.

“Kita harus sadar, walau masyarakat kita sudah cerdas dalam melihat dinamika politik, namun masih banyak kalangan yang belum dewasa menerima keputusan politik. Masih segar di ingatan bagaimana masyarakat terbelah akibat pola dukung-mendukung pada pilpres yang lalu. Maka kami sudah musyawarah dan memutuskan untuk mengawal keberagaman dan kondusifitas di Pilkada Mataram,” jelas Karioka.

Sementara itu, Tokoh Umat Hindu Pamotan Cakranegara, Gede Wenten mengatakan, pertemuan para tokoh umat Hindu kali ini, tidak lain adalah upaya menempatkan posisi tawar umat Hindu, baik di Pilkada maupun Pileg.

Oleh karena itu, pertemuan selanjutnya yang sudah disepakati oleh seluruh pimpinan lintas organisasi umat Hindu adalah menggelar dialog dengan para kandidat calon Wali Kota Mataram yang akan bertarung dalam kontestasi Pilwali saat ini.

“Harapan kita jelas. Agar bagaimana aspirasi politik umat Hindu bisa didengar oleh para paslon, sehingga niat utama merawat toleransi dan keberagaman di Kota Mataram akan bisa terus dipelihara oleh siapapun pemimpin yang terpilih kedepannya,” tandas Gede Wenten. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.