Berbagi Berita Merangkai Cerita

Operasi Gabungan Sadar Pajak, Upaya Bapenda Genjot Penerimaan Pajak Dimasa Pandemi

20

SELONG, DS – Berupaya menggenjot penerimaan pajak dimasa pandemi Covid-19 ini, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar operasi gabungan sadar pajak yang diintegrasikan dengan operasi keselamatan berlalu lintas.

Dengan dukungan dari Satlantas Polres Lotim, Dinas Perhubungan, dan Jasa Raharja, Operasi yang digelar Jumat (14/08/2020) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, serta kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

Operasi ini pun dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19. Yaitu dengan menyiapkan hand sanitizer, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

“Operasi ini rutin kita lakukan, tapi saat pandemi kemarin tidak kita lakukan. Karena situasi tidak memungkinkan,” ucap Kasi Penagihan dan Pembayaran, UPTB Selong Lalu Rakhmad Hidayat.

Tak tanggung-tanggung, target yang dibebankan dalam penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) untuk Kabupaten Lombok Timur, mencapai Rp. 74 miliar. Sementara ini baru terserap sebanyak 43%, atau sekitar Rp. 36 miliar.

“Kita di Lombok Timur itu, ditargetkan Rp. 74 miliar untuk PKB. Presentasenya pada semester satu dari bulan Januari-Juni, penerimaan kita 43%,” jelasnya.

Dalam APBD Provinsi, kegiatan operasi sadar pajak ini dianggarkan 144 kali dalam satu tahun. Yang artinya, dalam satu bulan, rata-rata pelaksanaanya sebanyak 12 kali.

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, keringanan pembayaran pajak pun sudah tidak diberlakukan lagi. Dan telah mulai diberlakukan tarif normal terhitung sejak memasuki bulan Agustus 2020.

“Keringanan itu, kita berlakukan dari bulan April sampai dengan bulan Juli. Untuk kedepannya, mungkin dilihat kondisi lagi,” tutur Rakhmad. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.