Berbagi Berita Merangkai Cerita

Oknum Kadus di Lombok Timur Kena OTT

516

SELONG,DS-Sat Reskrim Polres Lombok Timur menangkap oknum Kepala Dusun (Kadus), diduga sebagai pelaku tindak pidana pungli pada Bantuan Sosial Tunai (BST), yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

HAR (39) merupakan seorang Kadus di Desa Lenek Tengah, Kecamatan Lenek, Lombok Timur ini, terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat memungut potongan BST dari masyarakatnya, Rabu (10/06/2020).

“Sekitar jam 13.00 Wita, Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Lombok Timur telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana pungli bantuan pemerintah berupa BST dari Kementrian Sosial,” jelas Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP Daniel P. Simangunsong, melalui keterangan persnya.

Setelah terlebih dahulu mengumpulkan 18 warganya yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pelaku meminta agar para KPM tersebut bersedia dilakukan pemotongan terhadap dana BST yang diterimanya. Dengan alasan, potongan tersebut akan diberikan kepada warga yang tidak mendapatkan bantuan.

Ia pun mengancam akan mencoret nama KPM yang tidak bersedia dana BST-nya dipotong. Bahkan, tak segan pelaku mendatangi warga yang tidak bersedia memberikan uang potongan tersebut.

“Bulan Mei, korban yang merupakan penerima manfaat bersama dengan 17 orang lainnya, dikumpulkan di rumah pelaku. Untuk diberitahukan agar dari jumlah bantuan yang besarnya Rp 600.000 dipotong sebesar Rp 100.000, untuk dibagikan kepada warga yang tidak menerima bantuan,” terang Daniel.

Pelaku tertangkap tangan di kediamannya, saat sedang menerima uang potongan BST sebesar Rp 100.000 dari korban. Selain itu, dari kantong pelaku petugas juga mendapatkan barang bukti (BB) berupa uang tunai sebesat Rp. 1.050.000. Uang tersebut diduga merupakan hasil pungutan dari KPM lainnya.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku kemudian diamankan ke Mapolres Lombok Timur guna pengembangan dan proses hukum lebih lanjut. Bersama pelaku, petugas juga mengamankan BB lain seperti rekap nama KPM yang telah dipungut, data penerima BST, dan Daftar penerima bansos. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.