Berbagi Berita Merangkai Cerita

NU NTB Ajak Generasi Muda Pelajari Konsep Pemikiran Gus Dur

0 16

MATARAM, DS – Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) NU NTB menggelar Haul Gus Dur ke-10 di Aula Kantor PWNU NTB, Kamis (26/12) malam. Acara diawali dengan shalat Isya berjamaah dilanjutkan dengan zikir dan doa yang dipimpin oleh Wakil Rais PWNU NTB, TGH Lalu Muhamad Sohimun Faesal.

Ketua LTN NU NTB, Sueb Qury, mengatakan, perayaan haul Gus Dur dilakukan hampir di semua tempat. Perayaan dilakukan setiap tahun itu menjadi momentum mengenang Gus Dur melalui karya-karya yang telah ditelurkan mantan Ketua PBNU tersebut. Hal itu dilakukan dengan menampilkan seluruh buku hasil karya Gus Dur.

“Kalau pergi ke toko buku carilah buku itu. Agar bisa menjiwai spirit pluralisme, nilai-nilai keadilan,” ujar Sueb seraya berharap agar kelak lahir para pemikir yang melanjutkan ide Gus Dur. Paling tidak bisa menulis kecil-kecil. “Kita juga akan fokus melatih siswa-siswi di pondok untuk belajar menulis,” kata Sueb.

Sementara itu, Sekjen PWNU NTB, Lalu Aksar Ansari, mengingatkan Gus Dur harus jadi idola. Gus Dur merupakan idola dan menjadi spirit dalam pergerakan kemahasiswaan. Gus Dur telah berhasil membawa islam tradisional yang dianggap kolot menjadi islam kelas menengah.

“Pemikiran Islam saat itu tidak laku. Tetapi Gus Dur lalu memperkenalkan pemikiran Islam tradisional NU ke kancah pemikiran nasional. Gerakan Gus Dur ini yang membuat NU lebih bergairah,” tandasnya.RUL.

Leave A Reply