Berbagi Berita Merangkai Cerita

NTB Raih Penghargaan dari Ombudsman RI

19

Mataram, DS-Provinsi NTB kembali meraih prestasi di kancah nasional berupa Predikat Zona Hijau Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik yang diberikan oleh Ombudsman Republik Indonesia. Provinsi NTB menerima anugerah tersebut dalam acara Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 yang dilaksanakan secara Luring dan Daring, Rabu (29/12).

Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh stakeholder yang turut ambil andil dalam penilaian penghragaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik ini.

“Alhamdulillah Provinsi NTB masuk Zona Hijau dalam penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik, semoga dengan prestasi ini akan memotivasi seluruh stakeholder memberikan pelayanan publik yang lebih baik kedepannnya” ujarnya saat hadir secara daring di Pendopo Wagub NTB, Mataram.

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Moh. Najih, SH., M.Hum., Ph.D menerangkan bahwasanya proses penilaian Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 ini dibagi menjadi 3 Zona yaitu Zona Hijau, Zona Kuning dan Zona Merah. Sebanyak 587 Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia masuk dalam penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia.

“Sebanyak 587 Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang kami nilai, kemudian kami kategorikan ke dalam 3 Zona melipti Zona Hijau, Kuning dan Merah” ungkapnya.

Untuk kategori Pemerintah Provinsi, sebanyak 34 Provinsi di seluruh Indonesia masuk dalam penilaian. Hasilnya terdapat 13 Provinsi yang masuk Zona Hijau, 19 Zona Kuning dan 2 Zona Merah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM mengatakan Provinsi NTB melalui aplikasi pelayanan publik yang diciptakan dan dikembangkan merupakan inovasi di tengah pandemi menjadi upaya pemerintah provinsi dalam mewujudkan komitmen pelyanan publik yang efektif, akuntabel dan transparan.

“Di penghujung tahun ini kembali kita raih penghargaan dalam kategori pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Ombudsman RI, hal ini tidak terlepas dari aplikasi pelayanan publik yang kami ciptakan dan kembangkan di NTB, hal ini merupakan inovasi di tengah pandemi dalam mewujudkan komitmen pelyanan publik yang efektif, akuntabel dan transparan”ujarnya.

Dalam Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 Provinsi NTB mendapat Nilai Kepatuhan 83,89 yang termasuk kategori Zona Hijau.kmf

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.