BSK Samawa

NTB Pun Raih Penghargaan Kunjungan Destinasi Wisata Terbanyak

Jamaludin Malady

Mataram, DS-Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat dua penghargaan nasional ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI 2023) yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI. Penghargaan tersebut antara lain Terbaik 1 ABBWI 2023 Tingkat Kawasan Kalimantan – Nusa Tenggara dan Destinasi Pariwisata terbaik 1 Se-Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady, mengatakan ABBWI 2023 dipersembahkan untuk para pelaku pariwisata dan masyarakat NTB.

“Dari penghargaan yang diperoleh akan menjadi bahan evaluasi bagi pemda dan pelaku pariwisata agar pelayanaan yang lebih baik bagi wisatawan khusunya di NTB,” kata Jamaluddin Malady ditemui saat menghadiri Rapat Paripurna di Kantor DPRD Provinsi NTB, Selasa 19 Desember 2023.

Menurutnya, NTB dalam penghargaan ABBWI 2023 meraih juara 1 pengunjung wisatawan Nusantara terbanyak dari seluruh indonesia.

“Kita bangga NTB meraih juara 1 dari zona tiga yang melingkupi Kalimantan, NTB, dan NTT karena memiliki jumlah pengunjung wisatawan nusantara ( wisnus) terbanyak peringkat 1 jika dibandingkan dengan dua daerah lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa penghargaan tersebut tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk dukungan Pemerintah Pusat. Apalagi, di tahun 2024 dalam Rakernas sama-sama sepakat sektor pariwasata dan ekonomi hijau jadi penopang ekonomi Indonesia. Untuk itu, destinasi wisata bukan hanya di Lombok melainkan di Pulau Sumbawa, Bima dan Dompu. Kata Kadispar, NTB kaya dengan destinasi wisata, wisata bahari, Religi, Budaya dan kuliner.

“Mudah- mudahan kunjungan wisatawan di NTB bisa lebih baik lagi di tahun 2024 di tahun 2023 NTB (wisnus) terbanyak berkunjung di NTB,” katanya

Jamaluddin Malady menyampaikan bahwa untuk memberikan akses wisatawan kedepan butuh konektivitas dan konektivitas itu penting. Percuma kalau kita mempunyai banyak destinasi wisata kalau tidak didukung konektivitas.Kata dia, hal ini menjadi tugas Pemerintah Pusat untuk memudahkan akses bagi wisatawan.

Kadispar NTB mengatakan destinasi wisata bukan hanya di Lombok, harapannya kedepan ketika destinasi wisata dan pergerakan wisnus NTB tertinggi di seluruh indonesia. Harapan kedepan wisnus bahkan wisatawan mancanegara bisa lebih banyak berdatangan Lombok, Sumbawa, Bima dan Dompu

“Destinasi wisata itu bukan hanya di Lombok melainkan di pulau sumbawa termasuk wisata bahari, religi, budaya dan kuliner ada di kita,”ungkapnya.“Tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri harus didukung oleh semua termasuk masyarakat kita juga dan didalamnya ada pentahelix termasuk media,”tandasnya.md

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.