Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 16 Apr 2019 05:31 WITA ·

NTB Gratiskan Penyuluhan Narkotika ke Masyarakat melalui Pie Napza


					Fitriah Hamsu Perbesar

Fitriah Hamsu

MATARAM, DS – Mencegah dan memberantas peredaran narkoba bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab satu institusi saja, melainkan juga menjadi tanggung bersama. Di Provinsi NTB saat ini telah didirikan Pusat Informasi dan Edukasi (Pie) Narkotika Psikotropika dan Zat Aditif lainnya (Napza).

Pusat informasi dan Edukasi Napza yang diresmikan oleh Menteri Sosial RI sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa pada 20 Desember 2016 lalu hanya dimiliki oleh tiga provinsi di Indonesia yang . Diantaranya, Provinsi NTB, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial(Rehsos) Dinas Sosial NTB, Fitriah Hamsu, mengatakan, dalam pelaksanaan sejak 26 Januari 2016 lalu, sejatinya gedung Pie dan Napza telah memfasilitasi kegiatan penyuluhan terhadap sebanyak 50 orang setiap harinya. Selain itu, para staf yang ada umumnya telah selalu siap melayani konseling, pencegahan, rujukan dan edukasi bagi masyarakat umum.

“Dalam gedung itu semua pelayanannya kita lakukan secara gratis dan tidak membebankan biaya apapun pada masyarakat yang datang untuk melakukan konseling,” ujarnya menjawab POS BALI, Senin (15/4).

Menurut Fitriah, gedung yang berlokasi di Jalan Gunung Raung Dasan Agung, Mataram, atau di sebelah selatan kantor Dinsos NTB selalu terbuka bagi masyarakat yang hendak mencari informasi tentang bahaya Napza. Termasuk, menyangkut perkembangan terbaru yang mungkin belum banyak dikenali masyarakat.

Pihaknya telah pula mengemas informasi bahaya napza itu melalui media audio visual, sehingga masyarakat dapat memahami akan bahaya napza tersebut. Terlebih, PIE yang ada itu lebih menekankan ke tahap sosialisasi kepada masyarakat.

“Bagi sekolah-sekolah, instansi, ataupun kelompok-kelompok masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lengkap atau hanya ingin melakukan sharing tentang penyalahgunaan napza, Insya Allah kami akan selalu siap melayani dengan sepenuh hati. Langkah ini, demi mencapai Indonesia bebas penyalahgunaan napza yang menjadi cita-cita Bangsa Indonesia selama ini,” tandas Fitriah Hamsu. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PKK Punya Peran Besar Cegah Narkoba

19 Mei 2022 - 07:03 WITA

Wagub NTB Semangati Anak-anak untuk Vaksinasi

19 Mei 2022 - 06:58 WITA

Ratusan Ternak di Loteng dan Lotim Positif PMK, DPRD NTB Minta Pemprov Turun Tangan Bantu Lakukan Vaksinasi Ternak

18 Mei 2022 - 17:45 WITA

Kepala Bernanah Terus-Menerus, Bocah 5 Tahun Digelontor Bantuan

17 Mei 2022 - 06:59 WITA

Mudik Lebaran Idul Fitri, RSUD Provinsi NTB Siap Beri Pelayanan 24 Jam

4 Mei 2022 - 18:04 WITA

Jadikan Mata Telinga Gubernur, “NTB Care” Gulirkan Bantuan Kursi Roda untuk Said

26 April 2022 - 22:18 WITA

Trending di Kesehatan