Menu

Mode Gelap

Dinamika · 24 Mei 2022 15:59 WITA ·

Niken Buka Kunci Keberhasilan PKK, Ternyata Ada di Tangan Satu Orang Ini


					 kunjungan kerja (Kunker) TP. PKK Provinsi NTB ke Bima. kmf Perbesar

kunjungan kerja (Kunker) TP. PKK Provinsi NTB ke Bima. kmf

Bima,DS-Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widiyawati Zulkieflimansyah, mengingatkan ketua TP. PKK kecamatan dan kelurahan se-Kota Bima, menyadari betapa penting perannya untuk keberhasilan program dalam lembaga di daerah.

“Kunci Keberhasilan Program TP. PKK disuatu wilayah atau daerah tergantung peran seorang ketua,”pesan Bunda Niken sapaan populernya, pada rangkian kunjungan kerja (Kunker) TP. PKK Provinsi NTB, Senin (23/5/2022) di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima.

Menurutnya, sukses dan lancar atau tidaknya berbagai program TP.PPK disuatu daerah salahsatu kuncinya adalah keberadaan dan peran ketuanya. Maka Ibu-ibu TP. PKK di kota Bima harus memegang teguh dan memahami tupoksi dan perannya dalam sebuah organisasi. Salahsatunya dalam mendampingi suami dalam menjalankan tugas sebagai seorang ketua TP. PKK.

Banyak program-program pemerintah dari pusat hingga dikelurahan, harus ikut dibantu dan disukseskan oleh lembaga seperti TP. PKK yang memiliki jaringan, luas dan banyak hingga tersebar ke tingkat keluarga.

“Jadi satu-satunya organisasi yang bisa masuk hingga keluarga adalah PKK,”jelas wanita yang juga menjabat ketua Dekranasda Prov. NTB ini.

Selain itu, lanjutnya dengan adanya Dhasawisma diharapkan pengelolaan tiap keluarga, semakin terorganisir, bisa terkelola dengan baik dan semakin banyak keluarga-keluarga yang merasakan manfaat dari program PKK.

“Kita ingin ketua PKK tau, bahwa dirinya sangat penting, memiliki posisi yang luar biasa, yang akan menggerakan kesejahteraan pemberdayaan ibu-ibu diwilayahnya masing-masing,”pesannya.

Program PKK tidak hanya satu, namun ada 10 program PKK yang harus dilaksanakan bersama-sama.

Ia berharap pengurus dalam TP. PKK dapat bergerak dan berkoordinasi menggerakan program-program PKK. Sehingga lembaga ini harus memiliki sekretariat, plan nama lembaga, atribut, pengurus dan program kerja.

Apalagi, TP. PKK adalah mitra utama pemerintah. Baik pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Pemerintah tingkat Desa dan Kelurahan. Begitu besarnya pengaruh dan keberadaan TP. PKK telah disebutkan oleh Presiden dan Menteri Dalam Negeri dalam berbagai kesempatan.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kota Bima Hj. Elly Alwain Muhammad Lutfi, menyampaikan bahwa menindakkanjuti program TP.PKK Provinsi, pihak terus bersinergi dengan TP. PKK kecamatan hingga kelurahan.

“Untuk terus menguatkan untuk program dasawisma dan program kerja PKK,”kata istri Walikota Bima ini.

Penguatan program kerja seperti posyandu keluarga, pelayanan KB, penyuluhan keluarga dan 10 program PKK untuk bersama mewujudkan NTB emilang.

Usai kegiatan tersebut Ketua TP.PKK Prov. NTB secara simbolis menyerahkan bibit tanaman keluarga kepada Ketua TP.PKK Kota Bima dan penyerahan bantuan kerawanan pangan sebanyak 40 paket, kepada 6 orang perwakilan dari lansia, ibu hamil dan balita kurang gizi. Serta meninjau pelayanan KB serta display diversifikasi pangan lokal.

Turut mendampingi ketua TP. PKK Prov. NTB dalam kunker ke Pulau Sumbawa yaitu Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yaitu, Dinas Ketahanan Pangan Prov. dan BP3AP2KB Provinsi NTB.

Hadir juga pada kegiatan tersebut, Kepala BNN Bima, Kepala OPD lingkup Pemkot Bima, IBI Kota Bima, DKP Kota Bia dan UP2K PKK Kelurahan Rabanggodu Utara.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peserta Triathlon Ironman 70.3 Lombok 2022 Berdatangan

6 Oktober 2022 - 21:55 WITA

LPPM UGR Teliti Potensi Budidaya Porang di Lotim, Begini Potensi dan Ancamannya

5 Oktober 2022 - 19:14 WITA

Kesejahteraan Tumbuh dengan Pendekatan Budaya

4 Oktober 2022 - 15:52 WITA

Ironman Triathlon Lombok 8 Oktober 2022, Begini Penjelasannya

3 Oktober 2022 - 21:14 WITA

Jadi Tokoh Politik, Manfaatkan Beasiswa NTB

3 Oktober 2022 - 14:11 WITA

Ketua MK Kunker ke Bima

1 Oktober 2022 - 19:39 WITA

Trending di Dinamika