Berbagi Berita Merangkai Cerita

New Normal, Sekda Lotim Ingatkan Pengelolaan Diri dan Lingkungan

12

SELONG, DS – Berakhirnya masa tanggap darurat Covid-19 pada 29 Mei, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur kembali menggelar rapat evaluasi percepatan penanganan Covid-19 bersama tenaga kesehatan dan Kepala Puskesmas se-Lombok Timur, Sabtu (30/05/2020).

Mewakili Bupati Lombok Timur, Sekretaris Gugus Tugas, H.M Juaini Taofik menyebutkan, perang melawan Covid-19 telah dimenangkan pada tanggap darurat pertama. Hal ini mengacu pada penilaian berbagai pihak atas kinerja tim gugus tugas dalam penanganan Covid-19 di Lombok Timur.

Pertemuan tersebut diharapkan menjadi titik balik dalam perang melawan Covid-19 tahap II, yang akan dimulai pada bulan Juni sampai dengan Juli mendatang. Taofik pun menyebut Covid-19 sebagai kasus besar yang merubah tatanan kehidupan dunia.

Bahkan memaksa dunia untuk beradaptasi dengan menerapkan New Normal. “Dari banyak aspek covid-19 menyebabkan dunia harus beradaptasi dengan menerapkan New Normal. Jika kita tidak dapat mengelola diri dan lingkungan kita, maka kita akan lama berjibaku dengan covid-19 ini,” ungkapnya sembari menambahkan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol New Normal.

Taofik pun menjelaskan, refocusing dan realokasi telah dilakukan oleh Pemda Lombok Timur untuk menangani Covid-19. Tak kurang dari Rp. 123 milyar APBD telah yang telah di realokasikan dan refocusing demi menyelamatkan warga Lombok Timur dari virus yang penularannya cepat tersebut.

Selain itu berdasarkan PMK nomer 35 tahun 2020, dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp. 115 milyar telah ditarik kembali ke pusat. Sehingga menyebabkan belanja barang dan jasa Pemkab Lombok Timur, otomatis terpangkas hingga 50%.

“Harapan kita, semua pihak memberikan dukungan terhadap semua upaya gugus tugas. Pelaksanaan rapid test berbasis Masjid tahap ke-3 akan dilakukan di semua masjid. Rapid test berbasis sekolah juga akan kita lakukan, saat sekolah mulai dibuka,” terangnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.