Berbagi Berita Merangkai Cerita

NasDem NTB Yakin Rebut Kursi Pimpinan DPRD

0 49

MATARAM, DS – Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menempatkan Partai NasDem di urutan keempat di bawah Gerindra, PKS, dan Golkar, dalam perolehan suara sementara Pemilu 2019 di NTB. Ketua DPW Partai NasDem yang juga Mantan Wagub NTB H. Muhamad Amin optimis kadernya akan menduduki jabatan pimpinan DPRD NTB menggesar Partai Demokrat.

Amin mengakui, dari sejumlah laporan kader dan pengurus NasDem di NTB, umumnya ada peningkatan suara signifikan yang diperoleh parpol yang didirikan Surya Paloh itu.

“Insya Allah, dari awalnya tiga kursi di Pemilu 2014 lalu, kami optimis akan nambah jadi tujuh kursi dalam Pileg kali ini. Memang data C-1 Plano belum masuk semuanya, tapi dari gambaran kita akan bisa merebut kursi salah satu pimpinan DPRD NTB,” ujar Amin menjawab wartawan, Minggu (21/4).

Ia menyatakan lonjakan suara signifikan NasDem berada di dua dapil. Yakni, Dapil Lombok Timur bagian Utara dan Dapil Lombok Barat dan KLU. Para caleg yang dipasang NasDem memiliki suara yang jauh mengungguli para caleg dari parpol lainnya.

Bahkan, suara partai terpantau sudah bisa memperoleh dua kursi DPRD NTB. “Untuk di Lotim Utara, suami ibu Wagub pak Khaerul Rizal dan anak pak Wabup Lotim sudah mencapai BPP pemilu di dapilnya. Sementara di Lobar, antara pak H.Suharto dan pak Ajam selaku Sekretaris DPW NasDem juga sama unggul jauh dari caleg parpol lainnya. Jadi, kita optimis akan bisa meraih suara signifikan,” tegas Amin menjelaskan.

Terkait, dua dapil DPR RI di NTB, menurut Amin, dari data yang ada, diprediksi NasDem akan merebut kursi di dapil NTB-2 (Pulau Lombok). Sementara, khusus dapil di Pulau Sumbawa, partainya kalah bersaing dengan PAN, PKS dan Gerindra yang bersaing memperebutkan tiga kursi di Dapil itu dengan PPP menguntit pada rebutan kursi terakhirnya.

“Sejauh ini, ada dua caleg NasDem di Dapil Pulau Lombok yang suaranya bersaing, yakni, incumbent pak Kurtubi dan HM. Syamsul Lutfi (kakak mantan Gubernur NTB dan adik kandung Wagub Sitti Rohmi Djalilah),” kata dia.

Naiknya suara NasDem dipicu para caleg-caleg yang dipasang merupakan tokoh publik yang dikenal memiliki ketokohan akar rumput yang kuat dan mengakar. Sehingga, persaingan internal dirasa lebih ketat.

“Sengaja sejak awal NasDem merekrut tokoh-tokoh ormas NU, NW dan Muhammadiyah, hal ini adalah upaya kita meningkatkan elektabilitas partai, sehingga target yang ditetapkan DPP bisa kita peroleh mewujudkannya,” tandas Muhamad Amin.

“Jadi, dapil yang kosong misalnya Kota Mataram, akan bisa kita tutupi lewat persaingan di dapil yang calegnya kuat-kuat diantaranya, Lotim Bagian Utara, Sumbawa-KSB, Lobar-KLU dan Lotim Bagian Selatan,” sambungnya. RUL.

Leave A Reply