Berbagi Berita Merangkai Cerita

Narapidana Selong Dibekali Keterampilan Bekal Hidup Setelah Bebas

0 16

SELONG,DS- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong terus berinovasi demi membentuk warga binaan agar menjadi manusia seutuhnya agar mereka dapat diterima kembali oleh lingkungan, berperan aktif dalam pembangunan dan hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
Untuk perwujudan amanat dalam Undang-undang Nomer 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan tersebut, Lapas Selong menyelenggarakan pelatihan kemandirian bagi warga binaan.

Kalapas kelas IIB Selong, Herdianto, pada Jumat (13/03/2020), membuka pelatihan kemandirian bagi warga binaan Lapas Selong. Adapun pelatihan tersebut menjadi bagian inovasi Kalapas untuk memberikan pelayanan maksimal bagi warga binaan.

“Pelatihan yang kita adakan seperti pelatihan mebel, hidroponik, kesenian, dan pangkas rambut,” sebut Herdianto.

Dalam pelatihan tersebut, Lapas Kelas IIB Selong menggandeng Loka Latihan Kerja (LLK) Selong sebagai mentor bagi warga binaan.

Selain sebagai bentuk peningkatan pelayanan terhadap warga binaan, pelatihan tersebut juga dihajatkan agar setelah bebasnya, warga binaan memiliki keterampilan dan kemandirian dalam mencari nafkah yang halal. Dan tidak terjerumus kembali ke dunia kriminal yang telah mengantarnya masuk ke dalam jeruji.
“Dengan harapan setelah bebas nanti, mereka punya bekal. Serta mampu untuk bekerja dimasyarakat sebagai manusia yang terampil dan mandiri. sehingga dapat diterim dengan baik oleh masyarakat,” ujar mantan Kepala Rumah Tahanan Batu Raja, Sumatera Selatan ini.

Ia pun berharap pelatihan yang diberikan dapat diikuti secara sungguh-sungguh oleh warga binaan. Agar tujuan dari Lembaga Permasyarakat untuk menciptakan warga binaan yang berilmu, dan berakhlak, dapat terwujud.

“Kegiatan pelatihan kemandirian ini bertujuan untuk SDM Lapas yang berilmu, berakhlak dan berguna untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara,” pungkasnya. dd

Leave A Reply