Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 13 Jun 2022 17:52 WITA ·

MXGP Pacu Pertumbuhan Investasi Daerah


					Ir. H. Mohammad Rum, MT. kmf Perbesar

Ir. H. Mohammad Rum, MT. kmf

Mataram,DS-Belum lama event internasonal WSBK dan MotoGP sukses dihelat di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, kini gelaran kelas dunia bakal digeber kembali yakni Motorcross GranPrix (MXGP) Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat 24-26 juni 2022 mendatang. Trobosan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc ini juga mampu memacu pertumbuhan investasi daerah.

“Trobosan Gubernur kita Bang Zul yang mampu menggerakkan (Strigger )WSBK dan MotoGP yang digelar sukses dan gaungnya mendunia diharapkan gelaran MXGP Samota –Sumbawa juga menjadikan akan menjadikan Pulau Sumbawa ini makin mendunia,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB Ir. H. Mohammad Rum, MT, di Mataram, Jumat (10/6).

Dikatakan, sebelumnya nama NTB tidak begitu dikenal, yang dikenal hanya Bali dengan kemajuan pariwisatanya. Namun seteah digelarnya berbagai event internasional di NTB mulai dari WSBK, MotoGP dan MXGP di Samota, NTB menjadikan banyak orang tahu tentang NTB. NTB sendiri tidak saja unggul dari sector pariwisata, namun juga memiki potensi alam dan keunggulan lainnnya dari berbagai sector.

“Dengan digelarnya event-event berskala internasional di NTB selain memacu pesatnya pertumbuhan pariwisata juga akan memberikan dampak cukup signifikan pada sector lainnya. Dampak ini tentu dari sisi investasi di NTB akan semakin menggeliat. Adannya MXGP nantinya juga menjadi event keseimbangan antara Lombok dan Sumbawa yang kerap kali disebutkan Gubernur NTB,” tukas Rum yang sebelumnya pernah sebagai Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB ini.

Pejabat yang dikenal kalem ini juga menjelaskan, trobosan Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB ini merupakan satu langkah yang cukup spektakuler, luar biasa dan penuh tantangan. “Namun kita berpikir jauh ke depan dampaknya akan sangat luar biasa. Sebutlah misalnya, dulunya Bandara, Pelabuhan kita, jalan-jalan kita yang dulunya rendah, sekarang ditingkatkan untuk meyesuaikan. Ini dampak positifnya dan ini yang patut kita syukuri,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan gelaran MXGP pihaknya dari sisi investasi lebih enak jualan potensi daerah. Se butlah bagaimana potensi Teluk Saleh dengan panorama teluknya dengan ikan hiu pausnya yang cukup menjanjikan. Selanjutnya potensi perikanan tangkap. Pulau Moyo yang eksotis dan pernah viral karena kunjungan mendiang Ratu Lady Dina ke Moyo tahun 1993.

“Jadi dengan digelarnya MXGP nanti wisatawan local dan mancanegara akan lebih tahu banyak tentang Pulau Moyo itu sendiri yang merupakan bagian dari Samota yag mana di tempat event MXGP internasional satu provinsi dengan Mandalika MotoGP yang sudah mendunia,” kata Rum.

Selanjutnya Rum juga menyebut MXGP juga akan menjadikan Gunung Tambora lebih dikenal. Dimana sebelumnya dalam sejarah Letusan Gunung Tambora telah menggoncang dunia. Dan saat digelarnya MXGP Tambora kembali akan mengguncang dunia dengan kedatangan wisatawan dunia untuk menyaksikan gelaran MXGP dan bisa melihat potensi lainnya di kawasan Samota, Sumbawa. (her)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gawe Gubuk Desa Truwai Lombok Tengah Bikin Heboh

21 Juni 2022 - 17:14 WITA

Jelang Idul Adha,Bisnis Kambing Merebak

16 Juni 2022 - 15:38 WITA

Sekda NTB Serahkan Santunan BPJamsostek Pegawai Non ASN BPSDM

15 Juni 2022 - 15:39 WITA

Dari Limbah Nenas, Produk Aisyah Mampu Tembus Pasar Eropa

14 Juni 2022 - 15:51 WITA

Babinsa Dikerahkan, Pantau Harga Minyak Goreng di Klungkung

13 Juni 2022 - 18:14 WITA

Ini Pesan Gubernur KE Pengurus Pusat Asosiasi Perusahan Pekerja Migran Indonesia

9 Juni 2022 - 17:54 WITA

Trending di Ekonomi