Berbagi Berita Merangkai Cerita

Mustahil Pelanggan Baru PDAM Lotim Tanpa Sumber Mata Air Baru

82

Hearing dengan DPRD Lotim

SELONG, DS – Dicecar dengan sejumlah pertanyaan dari LSM LIRA, eks Direksi PDAM Lombok Timur, pada hearing di DPRD Lotim, Rabu (14/06), memberikan bantahan terkait ketidakmampuannya dalam memenuhi target 30 ribu pelanggan.

Eks Direktur Umum PDAM, Suhirman mengatakan target tersebut mustahil terwujud tanpa adanya sumber air baru. Sumber air yang ada saat ini, sangat tidak memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sementara Bupati hanya memberikan batas waktu hingga Desember 2020 terhitung sejak pelantikan di bulan Maret 2020.

“Kami hanya bekerja 9 bulan. Itu target yang mustahil bagi siapapun yang bekerja tanpa diberikan sumber air baru,” sanggahnya.

Dalam kontrak kerja yang ditandatangani, tidak ada juga klausul yang menyebutkan harus memenuhi target 30 ribu pelanggan. Hal itu merupakan pernyataan verbal Bupati saat melantik Direksi PDAM.

“Tidak ada target 30 ribu pelanggan dalam kontrak. Itu pernyataan pak Bupati saat kami dilantik,” ucapnya.

Memaksakan untuk mencapai 30 ribu pelanggan bisa saja dilakukan amun dengan konsekuensi tidak adanya air yang sampai ke rumah pelanggan. Pasalnya, tidak adasumber air yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan.

“Jangan sampai kita paksa untuk capai 30 ribu, tapi akhirnya cuma suplai angin,” tekannya.

Namun ditahun 2021 ini, target tersebut bisa terealisasi. Karena adanya bantuan dari kementerian PUPR dalam program MBR, PDAM Lotim mendapat sumber air baru di Tereng Wilis.

“Kalau 2021 ini clear. Jadi, targetnya 32.000 untuk tahun ini,” sebutnya.

Dalam pengangkatan dan pemberhentian direksi juga dinilai ada kejanggalan. Karena ketidaksesuaian dasar hukum pengangkatan dan pemberhentian.

“Tidak sama antara SK pengangkatan dan SK pemberhentian. SK Pengangkatan mengacu pada Permendagri nomer 37 th 2018 sementara kami diberhentikan dengan Permendagri nomer 2 th 2007. Tidak nyambung,” bebernya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.