Berbagi Berita Merangkai Cerita

Musnahkan Ribuan Liter Miras, Bupati Harap Pelaku Beralih ke Usaha Halal

11

SELONG, DS – Bupati Lombok Timur, H.M Sukiman Azmy berharap agar pelaku usaha minuman keras dapat beralih ke usaha yang menyehatkan. Menurutnya, produsen dan distributor miras perlu dibina agar merubah usaha yang digeluti dari yang haram ke yang halal.

“Merubah produksi yang haram menjadi yang halal. Supaya berkah Lombok Timur ini,” ucap Bupati usai melakukan pemusnahan miras, Jumat (18/12).

Pembinaan kepada pelaku usaha miras ini direncanakan untuk mulai dilaksanakan pada 2021. Dengan menyasar produsen dan distributor.

Anggaran pembinaan tersebut dapat dialokasikan melalui Dinas Sosial. “Air nira itu bisa diproduksi menjadi gula aren. Ada di dinas sosial anggarannya,” ujarnya.

Sementara bagi pengecer miras, Bupati mengatakan akan memberikan permodalan agar beralih sebagai pengecer jenis minuman lain. Bahkan, bisa saja para pengecer ini menjadi pengecer air mineral kemasan milik Pemkab.

“Bagi pengecernya, kita akan berikan modal saja supaya beralih dari pengecer minuman keras ke minuman bersoda atau pengecer Asel,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, 4.468 liter miras tradisional dan pabrikan dimusnahkan. Didominasi oleh minuman tradisional seperti tuak dan brem.

“Bisa kita bayangkan berapa banyak yang mengkonsumsi itu. Kalo 4.400 liter dikonsumsi orang perliter berarti ada 4400 orang yang rusak sarafnya akibat meminum minuman keras ini,” pungkas Bupati. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.