Menu

Mode Gelap

Lombok Timur · 8 Jun 2022 08:15 WITA ·

Mursito, Peracik Jamu yang Terus Berinovasi


					MURSITO, PERACIK JAMU HERBAL  LOMBOK TIMUR (FOTO : KUSMIARDI,  SELASA 7/06/2022). Perbesar

MURSITO, PERACIK JAMU HERBAL LOMBOK TIMUR (FOTO : KUSMIARDI, SELASA 7/06/2022).

SELONG, DS – Peracik jamu tradisional “Serbat Rinjani”, Mursito, yang beralamat di Jalan Latsitarda (dekat SMAN 1 Aikmel) Aikmel Timur, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), terus berinovasi. Racikan jamu yang manjur untuk mengobati ragam penyakit dan menjaga imun tubuh itu kini sudah dikenal hingga luar daerah seperti Lampung Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Jamu Serbat Rinjani racikan Mursito selama ini dikonsumbi oleh para herbalis yang ada di Lotim. Tak itu saja, saat ini dipercaya dinas terkait meracik jamu yang berkhasiat untuk tanaman dan hewan.

“Karena dikenal lewat Jamu Serbat Rinjani maka beberapa dinas terkait di Pemda Lotim seperti Dinas Pertanian, Peternakan dan Kesehatan Hewan minta dibuatkan racikan jamu yang bermanfaat untuk tanaman, hewan, dan ternak,” kata Mursito, Selasa (7/6/2022).

Menurut Mursito, jamu racikannya diniatkan juga untuk berbagi dan beramal jariah. Karena itu, tak segan dirinya berbagi dan memberikan pengobatan kepada orang yang datang ke rumahnya dengan keluhan beragam, baik penyakit dalam maupun luar.
“Mereka datang dengan keluhan ingin mendapat keturunan, asam urat, hipertensi, mag, dan lainnya,” lanjutnya.

Mursito menjelaskan, tanaman sebagai bahan racikan jamu Serbat Rinjani termasuk langka, karena banyak didapatkan di tempat yang sulit dan tumbuh liar, mulai dari pinggir jalan, semak, hingga di hutan dan daerah bukit serta pegunungan.

“Untuk melestarikan tumbuhan liar yang sulit didapatkan, kita coba tanam di areal seluas dua are bersama dengan tanaman obat-obatan lainnya. Untuk tanaman liar penanamannya kita sesuaikan degan habitatnya, baru bisa hidup dengan baik seperti tanaman lainnya,” terang Mursito.

Inovatif dan Berkelanjutan

Melestarikan jamu tradisional sebagai bagian dari warisan leluhur, Mursito terus mengembang racikan jamunya yang manfaatnya selain dinikmati oleh manusia, juga tumbuh- tumbuhan dan hewan. Untuk itu dia mengambil langkah dengan menyiapkan sebidang tanah budidaya tanaman obat-obatan dan menyiapkan generasi penerus yang akan melanjutkan pengembagan usahanya.

“Untuk areal lahan penanaman tanaman obat-obatan sudah saya siapkan seluas dua are di wilayah Desa Lenek (jurusan pompa bensin ke selatan). Sedangkan untuk usaha racikan Jamu Serbat Rinjani terus berkelanjutan, nanti diteruskan oleh anak saya yang saat ini kerja di pertambangan minyak gas bumi Kalimantan,” cetus Mursito (Kusmiardi).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 125 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KTT Bebaturan Siapkan Sapi untuk Hewan Kurban

3 Juli 2022 - 15:26 WITA

Dirangkaikan dengan Harganas, Car Free Day Bangun Komitmen Turunkan Stunting

3 Juli 2022 - 12:01 WITA

Pemukulan Bedug Warnai MTQ XXIX Provinsi di Selong

1 Juli 2022 - 20:11 WITA

MTQ Provinsi di Lotim, Semangat bagi Millenial Bumikan Al-Qur’an

29 Juni 2022 - 09:25 WITA

Pisah Sambut Ketua PN 1B Selong,Bupati Paparkan Diskusi tentang Tiga Macam Hakim

25 Juni 2022 - 11:02 WITA

Sebanyak 974 Mahasisswa Unram “Serbu” 95 Desa di Lotim

23 Juni 2022 - 14:31 WITA

Trending di Lombok Timur