Berbagi Berita Merangkai Cerita

Mulusnya Akses Jalan ke Pantai Pink

93

Jalan Hotmix ke Pantai Pink

SELONG, DS – Pantai biasanya identik dengan pasir hitam ataupun pasir putih. Namun ternyata ada juga pantai dengan pasir yang berwarna merah muda (pink).

Pantai pink yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini menyajikan hamparan pasir berwarna merah muda. Pantai yang dulunya dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama pantai Tangsi ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Meskipun saat ini warna pink pada pasirnya mulai memudar akibat debu yang menutupi, namun pengunjung tetap dapat menikmati jernihnya air laut. Melihat rerumputan dan karang yang ada di bawah air dengan mata telanjang dari permukaan.

Bahkan jika menggali lebih dalam pasir yang ada di sepanjang pantai, anda akan menemukan warna pink yang sesungguhnya di pantai ini.

Kini, jalan menuju lokasi ini juga telah dihotmix. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kendaraan yang ditumpangi akan terpeleset karena genangan lumpur di musim penghujan. Ataupun terhempas tebalnya debu jalanan di musim pengering seperti saat ini.

Jika sedikit mengurangi kecepatan berkendara, pengunjung justru bisa melihat kawanan monyet yang sedang bercengkerama di pepohonan, ataupun yang melompat dari dahan yang satu ke dahan lainnya.

Tak jarang pula, para pengunjung berhenti untuk menikmati pemandangan semenanjung dari kawasan yang menjadi tanggung jawab Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) ini. Kebanyakan dari mereka berhenti sambil mengabadikan keindahan dengan berswafoto menggunakan ponsel pintarnya.

“Jalannya sekarang sangat bagus. Bahkan sejenis mobil sedan pun bisa masuk ke sini,” kata Sanusi, yang merupakan salah seorang pengunjung Pantai Pink.

Mulusnya akses jalan menuju lokasi wisata unggulan di desanya, Kades Sekaroh pun mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian untuk desanya

Berkat jalan yang tak lagi bergelombang dan berlubang, kunjungan wisatawan ke Pantai Pink semakin meningkat. Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19.

Namun demikian, para pengunjung tak mengabaikan protokol pencegahan penularan Covid-19 dengan tetap mengenakan masker.

“Walaupun saat ini masih ada virus Corona, Pantai Pink masih banyak pengunjung. Dan tentang protokol kesehatan, pengunjung ini dijaga,” ucap Mansur saat meninjau lokasi tersebut bersama awak media.

Mulusnya akses jalan ke Pantai Pink juga berpengaruh pada lancarnya pendistribusian air bersih bagi wilayah yang masih mengalami kekeringan hingga saat ini. Dari pantauan awak media, beberapa mobil tangki pengangkut air yang melintasi jalan tersebut melaju dengan lancar tanpa takut terjadi guncangan.

“Jalan dari Jeluk Buso sampai pantai pink itu sudah di hotmix. Dengan adanya jalan ini, kendaraan pengangkut air jadi lebih mudah mensuplai kebutuhan air bagi masyarakat kami,” syukurnya.

Mansur pun menjamin kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke wilyahnya. Perwujudan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan telah menjadi komitmen bersama antara pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda desa setempat.

“Masalah keamanan sudah bisa kita jamin. Karena selama ini juga, tidak pernah ada terjadi tindak kriminal di sini,” yakinnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.