Berbagi Berita Merangkai Cerita

Mulai Hari Masyarakat Bisa Daftarkan Diri Ikuti Program 10 Juta Sapi dari HKTI NTB

189

SELONG, DS – Dewan Pengurus Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPD HKTI) NTB resmi membuka pendaftaran program 10 juta sapi. Program ini merupakan hasil kerjasama antara PT Karya Hoqi dan HKTI NTB.

Sebanyak 10 juta ekor sapi jenis brahman Australia disiapkan selama lima tahun kedepan. Yang nantinya didistribusikan secara bertahap kepada masyarakat NTB untuk digemukkan.

“Penggemukan Sapi Brahman merupakan kerjasama DPD HKTI NTB dengan PT Karya Hoqi dan PT Mineral Energi Mulya (MEM). Itu merupakan kuota Impor n Ekspor PT. Karya Hoki dan PT MEM dari Kementerian Pertanian RI,” terang Sekretaris DPD HKTI NTB, Iwan Setiawan, Senin (02/11).

Program ini tak lepas dari bagian pemenuhan kebutuhan pasar ekspor ke Timur Tengah. Dengan periode pemenuhan kebutuhan ekspor selama periode 2020-2030.

Dipercayakannya HKTI NTB dalam program sapi plasma ini tak lepas dari predikat NTB dengan wisata halalnya. Sehingga pasar Timur Tengah akan lebih yakin dengan kehalalan sapi yang akan diekspor nantinya.

Sapi brahman bakalan yang diimpor dari Australia ini nantinya akan diplasmakan kepada masyarakat yang mendaftar melalui HKTI NTB. Masyarakat dapat menghubungi langsung koordinator yang telah dibentuk di tiap kecamatan.

“Peternak melakukan penggemukan bibit sapi yang bobotnya berkisar 250-500 Kg
dalam kurun waktu 3-4 bulan. Kelbihan bobot setelah penggemukan itulah yang akan didapatkan masyarakat yang beternak.100% jadi hak mereka,” terangnya.

PT Karya Hoqi telah bersepakat dengan HKTI NTB untuk membayar kelebihan berat tersebut sebesar Rp. 55.000 per kilogram. Nilai ini mengacu pada standar harga dunia.

“Tentu program ini sangat baik dan menguntungkan bagi masyarakat NTB. Apalagi jika disandingkan dengan geografis NTB yang sangat cocok dan strategis untuk
program ini,” ucap Iwan.

Diharapkannya dengan program ini dapat menjadi salah satu pintu mewujudkan kehidupan yang adil, sejahtera, dan aman demi terciptanya NTB Gemilang. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.