BSK Samawa

Mudik Lebaran Idul Fitri, RSUD Provinsi NTB Siap Beri Pelayanan 24 Jam

FOTO. dr Lalu Herman Mahaputra. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Pemprov NTB melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi setempat akan menyiapkan pre hospital yang bakal mobile selama 24 jam. Hal ini adalah upaya untuk memberikan pelayanan secara maksimal pada pelaksanan arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah tahun ini.

“Tim pre hospital sifatnya mobile. Jadi begitu ada informasi soal kesehatan selama arus mudik di wilayah NTB, tim ini akan siap 24 jam bilamana diperlukan,” ujar Direktur RSUD Provinsi NTB dr Lalu Herman Mahaputra pada wartawan, Rabu (4/5).

Menurut Mantan Dirut RSUD Kota Mataram itu, pihaknya mempunyai Province Command Center (PCC) yang akan berkoordinasi dengan semua Public Safety Center (PSC) di NTB.

Di mana, pada pelaksanaan arus mudik, pihaknya bertugas membantu jajaran TNI maupun petugas kepolisian dalam pengamanan mudik.

“Istilahnya rumah sakit itu sudah stand by, boleh yang lain libur tapi rumah sakit tidak ada libur,” kata Dokter Jack — panggilan akrab Dirut RSUP NTB tersebut.

Terkait posko kesehatan di sejumlah ruas jalan, dr Jack menyebut akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas kepolisian.

Nantinya tim kesehatan RSUD Provinsi NTB siap membantu jika petugas kepolisian akan membangun posko.

“Tergantung sih kesepakatan nanti antara tentunya di sini yang punya wilayah adalah Polresta ya mungkin kita koordinasi dengan pak Kapolres yang jelas kita siap prinsipnya,” jelas Herman.

Tidak hanya rumah sakit nantinya beberapa puskesmas juga akan dikerahkan untuk membuka IGD 24 jam.

Sebab, memastikan pemudik mendapatkan saranan kesehatan, kata dokter Jack merupakan tugas bersama. “Ini tugas bersama seluruh faskes se-NTB juga,” ucap Dokter Jack. .

Sebagai pendukung persyaratan mudik, RSUD Provinsi NTB juga tetap membuka pelayanan vaksinasi.

Tingginya permintaan baik vaksinasi dosis satu dan dua maupun vaksinasi booster maka pelayanan vaksinasi di RSUD Provinsi NTB buka selama 24 jam.

“Jangan khawatir dengan stok vaksin kita masih banyak banget, gratis,” tandas Dokter Jack. RUL.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.