MTsN 3 Mataram Terapkan Satuan Pendidikan Ramah Anak

Marzuki

Mataram, DS-Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mataram adalah sekolah pertama di Kota Mataram yang menerapkan Satuan Pendidikan Ramah Anak. Deklarasi itu dirangkaikan dengan peringatan Israk Mi’raj dan Milad ke 19 tahun sekolah setempat.

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd., Kamis (02/03/2023),menyampaikan tujuan menerapkan Satuan Pendidikan Ramah Anak agar semua siswa dan yang berada di lingkungan sekolah merasa aman dan nyaman.

“Satuan Pendidikan Ramah Anak ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Provinsi NTB, Maka dari itu kami mengambil inisiatif di lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum mendeklarasikan Satuan Pendidikan Ramah Anak, MTsN 3 Mataram sudah menjalankan pendidikan ramah anak dengan cara memberikan edukasi-edukasi terkait perlindungan anak sehingga siswa/siswi dapat terhindar dari segala bentuk kekerasan baik itu kekesan seksual, fisik dan psikis.

Pihaknya akan terus berkomitmen dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada siswa supaya mereka selalu menganggap bahwa madrasah ini adalah rumah keduanya dan selalu merindukan sekolahnya.

“Dengan adanya Satuan Pendidikan Ramah Anak ini tidak ada lagi segala bentuk kekerasan di ruang lingkup madrasah baik itu pihak pendidik maupun peserta didik. Para pendidik ini melayani peserta didik dengan sentuhan hati,” ujarnya.

Program satuan Pendidikan Ramah Anak adalah program yang sangat positif dan mulia bagi madrasah. Para pendidik seperti mendidik anaknya sendiri sehingga anak juga bisa terlindungi dari segala bentuk kekerasan terhadap anak.

“Selama Program Satuan Pendidikan Ramah Anak berjalan kita akan tetap melakukan evaluasi sejauh mana program ini berjalan dengan baik agar kita bisa memperbaikinya. Dan, tetap memerlukan pendamping dari pemerintah provinsi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” katanya.md

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.