Berbagi Berita Merangkai Cerita

MTQ XXVIII Dibuka Bupati Lotim,Generasi Qur’ani Raih Lima Karunia

0 27

SELONG,DS-MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tahun 2019 dibuka Bupati Lombok Timur di Lapangan Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Sabtu (27/4/19). Dengan tema “Menuju Generasi Qur’ani”, pembukaan MTQ di daerah wisata itu akan berlangsung selama 7 hari (21-27 Sya’ban 1440 H/27 April s/d 3 Mei 2019). Hadir Forkorpimda Lotim, para kepala dinas, pimpinan OPD, Polri-TNI, tokoh agama, alim ulama’, Kades, dan kafilah dari kecamatan se Kabupaten Lotim.

Bupati Lotim, Drs. H.M.Sukiman Azmi, MM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, MTQ tahun 2019 M/1440 H ini diadakan dengan penuh kesederhanaan. Namun, semangat masyarakat dalam menyambut MTQ sangat tinggi. Hal tersebut dilihat dari kehadiran masyarakat yang memadati lapangan umum Tete Batu Kecamatan Sikur. Menurutnya, semangat yang semakin tinggi tersebut termotivasi juga dengan banyaknya para bibit handal dari generasi masyarakat Lotim dalam MTQ setiap tahunnya.

Tahun sebelumnya Lotim menduduki peringkat ke 6 dari seluruh kabupaten/kota se Nusa Tenggara Barat (NTB). Diakuinya, perwakilan dari kabupaten selain Lotim tersebut sesungguhnya merupakan bibit yang mengawali prestasinya dari Lotim. Karena itu, dia optimis kafilah Lotim bisa naik peringkat paling tidak peringkat 3 atau 2 tahun 2019.

“Bahkan terbukti kaflah dari Lotim berhasil membawa nama baik kabupaten, provinsi, Nasional bahkan hingga ke tingkat internasional seperti Muhammad Hairurrozak Al Hafiz bin Ustadz Muhibban Al-Hafiz dari Kecamatan Suralaga Kabupaten Lotim,” ungkap Sukiman Azmi seraya menjelaskan dengan kondisi tersebut maka sangatlah tepat jika tema MTQ tahun 2019 ini adalah “Menuju Generasi Qur’ani”.

Menurutnya, Lotim berpotensi meraih predikat sebagai Generasi Qur’ani. Betapa tidak, karena budaya baca Al-Qur’an sudah digalakkan. Dengan senantiasa membaca Al-Qur’an menjadikan cepat mengerti, memahami dan mengamalkannya yang mengantarkan kepada tercapainya derajat yang tinggi. Tercapainya derajat yang tinggi akan membawa manfaat berupa karunia.

SetidAknya, ada 5 karunia yang didapatkan bagi siapa saja yang senantiasa membaca Al-Qur’an. Sukiman menyebut karunia pertamaberupa ketenangan dan kemuliaan Minimal baca Al-Qur’an usai shalat Maghrib dan usai Shalat Subuh.

Kedua, kemuliaan yang tinggi bagi yang membaca Al-Qur’an dibanding orang yang tidak membaca Al-Qur’an Ketiga, pahala berlipat ganda. Membaca Al-Qur’an, 1 huruf bernilai 10 kebajikan/kebaikan. Keempat, Al-Qur’an datang kepada yang membacanya dengan membawa syafaat di hari Qiamat. Dan, kelima menjadi keluarga Allah Swt bagi yang gemar membaca Al-Qur’an.

“Karena itu, mari kita jadikan momentum untuk gemar mebaca Al-Qur’an, minimal usai Shalat Magrib dan usai Shalat Subuh,” terang Sukiman Azmi.

Sementara itu, Drs. H.Sahabuddin, MM selaku Ketua Panitia penyelanggara MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Lombok Timur dalam laporanya menyampaikan, jumlah peserta pada pelaksanaan MTQ tahun ini sebanyak 572 orang, dari 21 Kecamatan se Kab.Lombok Timur dengan perincian :

1.Kecamatan Keruak 28 orang Pura putri
2.KecamatanJerowaru 28 orang Putra putri
3.Kecamatan Sambaalia 19 orang putra puri
4.Kecamatan Sembalun 17 orang putra putr
5 Kecamatan suela 13 orang pitra putri
6. Masbagik 35 orang putra putri
7.Pringgasela 28 orang putra putri
8 Terara 17 orang putra putri
9.Labuan Haji.29 orang putra putri
10. Sakra Timur 27 Orang putra putri
11. Selong 39 orang putra putri
12. Sukamulia 32 orang putra putri
13. Pringabaya 21 orang putra putri
14. Aikmel 37 orang putra putri
15. Wanasaba 16 orang putra putri
16. Sikur 21 Orang putra putri
17. Montong Gading 28 orang putra putri
18. Suralaga 40 Orang putra putri
19. Sakra 35 Orang putra putri
20. Sakra Barat 26 Orang putra putri dan
21 Kecamatan Lenek 35 Orang putra putri

Seluruh peserta diinapkan di 2 tempat yakni Green Ory Inn Hotel Tete Batu dan Mountain hotel resort.

Sedangkan cabang-cabang yang dilombakan dilaporkan sebanyak 22 cabang lomba masing-masing. Cabang Tilawah Anak, Remaja dan Dewasa, Cabang Cacat Netra, Cabang Qira’atussob’ah Dewasa dan Remaja, Cabang Tartil Al-Qur’an, Cabang Tahfiz 1 dan 5 Juz Tilawah, Cabang Tahfiz 10, 20, 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, Cabang Khaf Al-Qur’an Gol Naskah, Dekorasi, Cabang Fahmil Qur’an, Syahril dan Musabaqoh Maskah Ilmiah Al-Qur’an.

“Keberhasilan penyelenggaraan dari MTQ adalah keberhasilan kita bersama dari para panitia dan pihak terkait lainnya. Kita berharap dari pelaksanaan MTQ XXVIII tingkat Kabupaten Lotim tahun 2019 ini akan menghasilkan bibit-bibit qori’, hafiz, dan lainnya berhasil membawa nama baik bagi diri, keluarga, masyarakat, daerah, bangsa Indonesia bahkan ke tingkat Internasional,” kata Shabudin (Kus).

Leave A Reply