Berbagi Berita Merangkai Cerita

MONTONG BETER  JEMPUT DANA 3 MILIAR Kelola Sampah dan Pemberdayaan  

0 7

 

 SELONG,DS-Di antara 18 Desa se Kecamatan Sakra Barat Lombok Timur (Lotim), Montong Beter dikenal sebagai desa yang sangat aktif. Tahun 2017 ini mendapat rezeki nomplok karena terkumpul Rp  3 miliar dana yang berasal dari  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dirjen Cipta Karya, Kementerian Pertanian dan Perkebunan serta juga dari dana aspirasi.

 

Kepada Desa Montong Beter, H. Mujahid Fauzan Muchlis, Sabtu (3/6/17) lalu menyampaikan hal tersebut kepada awak Duta Selaparang. Kata dia, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya yang difasilitasi oleh Satkar (Satuan Karya) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Montong Beter mendapat 1 unit mesin pengolahan sampah.

 

“Ini merupakan program lingkungan hidup untuk penganggulangan sampah,” katanya.

 

Menurut Mujahid, bantuan tersebut tidak diterima begitu saja, melainkan setelah menjalani verifikasi selama 2 tahun.

 

Ia menuturkan bahwa pihaknya memasukkan proposal pada tahun 2015, namun baru tahun 2017 ini mendapatkannya setelah Desa Masbagik medapat bantuan pada tahun 2016 lalu.

 

Untuk menempatkan bantuan tersebut disiapkan areal seluas 5 are dan kini dikenal sebagai TP3S. Di lokasi inilah aktivitas terkait dengan penanggulangan sampah dilakukan, mulai dari pembuangan/pegumpulan, pemilihan (organic dan an-organik) dan pengolahan sampah.

 

Dijelaskannya, Desa Montong Beter sebenarnya sudah memulai upaya penanganan sampah jauh sebelumnya, diantaranya berupa pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi, pembuata biogas, pengolahan limbah kaca. Bahkan, dari kegiatan tersebut telah mendapat perhatian dari kalangan perguruan tinggi, termasuk Unram sebagai tepat praktik dan kegiatan pengabdian masyarakat baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen.

 

Selain itu, lanjut Mujahid, Montong Beter juga mendapat bantuan berupa Gudang Fermentasi Tembakau dari Kementerian Pertanian dan Perkebunan dan dari Kementerian PU berupa program Pamsimas dalam bentuk Sumur Bor. Gudang Fermentasi Tembakau tersebut khusus untuk tembakau Rajang. Kedepan, gudang fermentasi ini sevagai wadah pembelajaran, pembinaan dan pelatihan terkait dengan pertembakauan khususnya tembakau rajang. “Untuk gudang ini kita menyiapkan areal seluas 4 are,” katanya.

 

Kemudian bantuan program Pamsimas dari Kemeterian PU berupa Sumur Bor untuk 400 KK. “Sumur Bor dari program Pamsimas ini  sudah ada peta peruntukannya ke sejumlah 400 KK sasaran,”  ujar Haji Mujahid.

 

Desa Montong Beter juga mendapat bantuan dana aspirasi. “Jika dikalkulasi, maka jumlah dana bantuan tersebut kurang lebih berjumlah 3 miliar rupiah,” akunya. KUSMIARDI

Leave A Reply