A place where you need to follow for what happening in world cup

Menteri BUMN Angkat Putra Lombok Jabat Direktur PT.PAL

308

Wilgo Zaenar

MATARAM, DS — Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan direksi di manajemen PT PAL Indonesia (Persero). Salah satunya dengan mengangkat kader Partai Gerindra Willgo Zainar menjadi Direktur Pemasaran.

Willgo yang kelahiran Ampenan, Kota Mataram, merupakan mantan Ketua DPP Partai Gerindra periode 2012-2015. Dia pun pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.

Ketentuan tersebut tertuang di Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam SK tersebut, Erick juga mengangkat Direktur Pelaksana PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Oggy Achmad Kosasih, menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko dan mantan direktur SDM PT Perkebunan Nusantara III atau PTPN III Wing Antariksa sebagai Direktur SDM PT PAL. Erick juga mengangkat Cut Meutia Adrina menjadi Komisaris Independen perusahaan.

“Pengangkatan kepada Cut Meutia Adrina sebagai Komisaris Independen Perusahaan, Oggy Achmad Kosasih sebagai Direktur Keuangan Manajemen Resiko, Wing Antariksa sebagai Direktur SDM dan Umum, lalu, Willgo Zainar sebagai Direktur Pemasaran,” ungkap manajemen dalam keterangan resmi, Rabu (16/6).

Bersamaan dengan pengangkatan sejumlah wajah baru di BUMN bidang galangan kapal itu, Erick turut memberhentikan Kuntjoro Pinardi dari jabatan Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan serta Irianto dari posisi Direktur Keuangan.

“Kementerian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko. Sementara itu, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan menjadi Direktur Pemasaran,” kata manajemen.

Inilah susunan Dewan Komisaris PT PAL yang di SK-kan Menteri BUMN Erick Thohir. Yakni, Didik Prasetyo sebagai Plt Komisaris Utama, Komisaris Independen Didit Herdiawan, Komisaris Independen Harsusanto dan
Komisaris Independen Cut Meutia Adrina.

Selanjutnya, Dewan Direksi. Yakni, Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang sebagai Direktur Utama, Oggy Achmad Kosasih selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Berikutnya, Direktur SDM dan Umum, Wing Antariksa dan Direktur Pemasaran Willgo Zainar, serta Direktur Produksi Iqbal Fikri.

Dikonfirmasi terpisah, Wilgo Zainar mengaku siap bekerja untuk membesarkan PT PAL Indonesia. “Saya berharap dengan adanya perombakan ini dapat membentuk sinergi dan kolaborasi agar dapat membuat PT PAL Indonesia (Persero) menjadi lebik baik ke depannya,” ujar Willgo Zainar dalam keterangannya.

Willgo adalah kader Partai Gerindra. Ia menjadi anggota DPR periode 2014-2019 mewakili Dapil I Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria kelahiran Ampenan, 25 Oktober 1968, ini lolos ke Senayan setelah memperoleh 55.192 suara.

Namun hasil perhitungan suara di Pileg 2014 itu sempat dilaporkan ke KPU NTB oleh kader Partai Gerindra karena ditengarai ada indikasi penggelembungan suara dalam kontestasi politik kala itu.

Pada Pemilihan Legislatif 2019-2024, Willgo kembali mencalonkan diri sebagai legislator. Namun ia gagal merebut kursi parlemen.

Di struktur organisasi Partai Gerindra, Willgo menjabat sebagai Bendahara Dewan Pimpinan Daerah NTB selama satu tahun mulai 2011 hingga 2012. Ia juga didapuk sebagai Dewan Pimpinan Daerah Gerindra NTB sejak 2012.

Sebelum menjadi kader Partai Gerindra, Willgo pernah diangkat sebagai Presiden Association of Amstrong University (ASAU) Berkeley pada 1993. Ia juga Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia periode 2009-2012.

Di luar dunia politik, Willgo adalah pengusaha ekspor meubel. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Nusa Terang Benderang Power.

Pada 2019 setelah gagal ke Senayan, Willgo mendaftar sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ia lolos dalam daftar 15 nama yang direkomendasikan Dewan Perwakilan Daerah atau DPD dan telah mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Namun ia tak masuk dalam kantong anggota BPK terpilih.

Selain Willgo Zainar, Kementerian BUMN memberhentikan dengan hormat Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Irianto. Dalam kesempatan yang sama Kementerian BUMN mengukuhkan pemberhentian dengan hormat untuk (Alm) Etty Soewardani.

Kementerian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PT PAL Indonesia yang kini dijabat oleh Oggy Achmad Kosasih. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas