Berbagi Berita Merangkai Cerita

Menpan RB : ASN Indonesia Harus Melek IT

0 7

MATARAM, DS – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) , Asman Abnur menegaskan, pelayanan publik oleh semua birokrasi pemerintahan tidak lagi menggunakan pola tradisional.

Oleh karena itu, ASN sebagai motor penggerak layanan publik diharuskan pintar dan melek sistem informasi. Yakni, mereka wajib memiliki kemampuan mengoperasionalkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Ini penting agar layanan publik yang efektif, efisien, cepat, tepat dan lebih adil dapat berlansung dengan baik,” tegas Menpan menjawab wartawan di Mataram, Senin (10/4).

Asman mengatakan, pelayanan publik akan didukung dengan sistem teknologi yang canggih, melalui pengembangan pemerintahan berbasis elektronik. Langkah ini dilakukannya agar sistem ASN yang dimiliki Indonesia agar tidak kalah dengan negara lain. Diantaranya, Singapura, Korea dan Jepang yang telah lebih dahulu melakukan hal tersebut. “Kedepan, pemanfaatan sistem elektronik menjadi ciri khas semua ASN di Indonesia,” ujar Menpan.

Saat memberikan kuliah umum pada kunjungan kerjanya Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), pada Minggu ( 9/4) lalu. Asman meminta para mahasiswa agar memiliki semangat dan cita-cita yang kuat dan visi yang jelas. Sebab, jika orang hidup tidak memiliki punya cita-cita dan visi, maka dipastikan, orang tersebut masuk katagori seolah-olah hidup tapi tunggu sakit kemudian mati.

“Mengisi hidup ini, kita harus memiliki mimpi yang besar dan harus mau memulai walaupun dari hal yang kecil. Jangan sampai kita kayak seolah-olah hidup tapi menunggu mati,” ucap Menpan berseloroh.
Menurutnya, hidup ini harus dinamis, jangan cepat puas dengan apa yang ada sekarang. Mengingat, hidup ini luas dan besar.

“Sekali lagi, kita lah yang menentukan maju mundurnya negara ini, bukan orang lain dan bukan orang asing. Kita harus mampu bersaing dengan negara-negara maju,” tegas Asman lagi.

Politisi PAN itu mengungkapakan, jika cita-citanya selama menjabat Menpan RB tidak lain agar semua ASN di Indonesia harus lebih pintar dari pengusaha. Oleh karenanya, kedepan ASN adalah orang-orang pilihan dari para mahasiswa yang lulus dengan predikat Coumlude. “Kedepan, kalian lah yang menentukan maju mundurnya negara ini, kalau kalian malas maka mundurlah negara ini,” tandas Asman Abnur. fahrul

Leave A Reply