Berbagi Berita Merangkai Cerita

MELONGOK OBYEK WISATA OTAK KOKOK

0 21

LOTIM,DS-Destinasi wisata di Lombok Timur membawa kepuasan batin setelah masyarakat disibukkan dengan ragam pekerjaan. Karena itu, dihari libur banyak lokasi wisata dikunjungi wisatawan lokal, nusantara maupun manca negara.

Salah satu dari banyak destinasi wisata Gumi Paer Selaparang Lombok adalah Otak Kokok atau dikenal sebagai Wisata Joben yang terletak di wilayah Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

Objek wisata itu dikelola oleh PT. Joben Ever Green. Penataannya mengikuti topografi keaslian alamnya dengan menghadirkan teknologi artistik mampu menjadi magnet. Salah satu nilai kearifan lokal yang menampakkan keaslian topografi alam Otak Kokok ini adalah adanya air terjun yang keluar dari akar kayu dari kawasan hutan TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani).

Pada setiap liburan, Otak Kokok Joben didatangi pengunjung dari seantero Lombok khususnya Lombok Timur. Mereka datang secara pribadi maupun berombongan. Di lokasi wisata Otak Kokok Joben mereka dapat menikmati masa liburan dengan beberapa fasilitas yang telah disiapkan, sehingga kedatangan mereka penuh dengan ketenangan dan kenyamanan. Beberapa di antaranya adalah tempat duduk santai berupa beberapa berugak berukuran besar, kolam renang, flying fox dan mushalla.

Menurut petugas loket karcis dan petugas jaga setempat, untuk hari libur jumlah pengunjung berjumlah hingga belasan ribu orang. Para pengunjung masuk dengan tarif yang terjangkau yaitu untuk anak-anak Rp 5.000. Sedangkan orang dewasa Rp 8.000.

Dihari libur pengunjung diperkirakan mencapai 15 ribu orang. Pengunjung datang hingga sore hari jumlahnya berangsur-angsur turun dan pukul 16.00 wita (jam 4 sore) sudah mulai pulang.

Lalu Sukawati, SP., seorang pengunjung yang berasal dari Pandan Dure, Desa Terara, mengakui sangat terkesan dengan keindahan Otak Kokok Joben. Dulu, kata dia, belum ditata seperti saat ini yang lengkap dengan kolam renang dan fasilitas lainnya.

“Yang masih terjaga dan asri adalah air terjun sebagai idola para pengunjung waktu dulu yang airnya jernih, bersih dan segar langsung keluar dari akar kayu hutan wilayah ini,” kata alumni Fakultas Pertanian Universitas Mataram ini.

Sukawati mengaku manfaatkan cuti untuk kumpul bersama keluarga dan sahabat serta rekan-rekan yang dulu pernah kerja di kebun kelapa sawit dan saat ini kembali menetap di kampung halaman dengan aktivitas yang lain.

Selain dengan kelengkapan fasilitas, wisata Otak Kokok Joben saat ini lebih meningkatkan mutu pelayanannya, pihak managemen PT. Joben Green selaku pengelola telah bekerjasama dengan pihak PT. Asuransi untuk jaminan Asuransi bagi para pengunjung. Hal ini sudah barang tentu merupakan bentuk kepedulian dari pihak pengembang wisata kepada warga pengunjung wisata dalam ikut serta menumbuh-kembangkan destinasi wisata di Daerah Lombok Timur. kusmiardi

Leave A Reply