Menu

Mode Gelap

Lombok Timur · 20 Mei 2022 16:04 WITA ·

Masyarakat Lotim Berbondong-Bondong Periksa Kesehatan Gratis “Lombok Hospital”


					Suasana Bhakti Sosial Hospital Lombok (Foto : Kusmiardi) Perbesar

Suasana Bhakti Sosial Hospital Lombok (Foto : Kusmiardi)

SELONG, DS-Belum satu tahun sejak diresmikan, “Lombok Hospital” yang berkedudukan di Desa Apitaik, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur (Lotim) melaunching program Bhakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Rabu 18/05/2022).

Ketua Panitia Penyelenggara Bhakti Sosial Lombok Hospital, Husni Alwari, S.Ak., menyampaikan, kegiatan Bhakti Sosial ini sebagai promosi untuk dikenal oleh masyarakat terutama yang berada dalam kawasan Lombok Timur (Lotim) bagian Utara (Aikmel, Wanasaba, Pringgabaya, Suela, Sambelia, Sembalun).Pemeriksaan kesehatan gratis itu untuk semua usia di dua kecamatan yaitu Kecamatan Wanasaba dan Pringgabaya dengan jumlah hingga mencapai lebih dari 800 orang.

“Pemeriksaan kesehatan gratis itu meliputi pemeriksaan mata, pemeriksaan kehamilan, fisioterapi, dan donor darah yang sasarannya menyentuh warga masyarakat 29 desa dari 2 kecamatan masing-masing 15 desa di kecamatan Pringgabaya dan 14 di kecamatan Wanasaba,” ujar Husni.

Sementara itu, Dedi Supriadi, SH., M.Kes., Direktur Lombok Hospital menyampaikan bahwa Bhakti Sosial yang diadakan saat ini merupakan bagian penting dari pendekatan ke arah pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam bidang kesehatan. Dari data yang masuk dalam Bhakti Sosial ini, menunjukkan bahwa masyarakat bersimpati terhadap Lombok Hospital.

“Dari yang kita rencanakan sasaran sejumlah 700 orang, ternyata data hingga mencapai 817 orang dari 29 desa di dua Kecamatan yang kita targetkan. Masyarakat yang datang ternyata ada juga dari kecamatan di luar konsep seperti dari Kecamatan Masbagik, Aikmel, dan Pringgasela dan Lenek),” kata Dedi Supriadi.

Terpisah, salah seorang pembina yang juga pendiri Lombik Hospital, Mukti Ali, SH., mengemukakan Lombok Hospital merupakan bagian dari produk DMS yang didirikan pada tahun 2012 dengan Dewan Pembina masing-masing Mukti Ali, SH., Dedi Supriadi, SH., M.Kes., Ahmad Masfuk, SE., MM., TGH. Abdul Mumin, Lc.

“Yayasan DMS sejak 2012 sering mengadakan kegiatan-kegiatan setingkat bhakti sosial. Mengiringi aktivitas dan kegiatan tersebut kami membentuk unit kegiatan di 254 desa se Lotim dengan nama KKD (Komite Kesehatan Desa) dan KKS (Komunitas Siswa Sehat),” papar Mukti Ali.

Menurut Mukti Ali, kegiatan KKD dan KKS terus diaktifkan secara intens sehingga dikenal masyarakat sesntero Lotim. Di 254 desa kerap diadakan aktivitas yang mendukung program pemerintah menuju masyarakat sehat.

“Baru tahun 2017 DMS membidani berdirinya Lombok Hospital yang diniatkan untuk lebih meningkatkan layanan masyarakat utamanya di Lotim bagian Utara. Kedepan juga memberdayakan potensi SDM setempat,” terang Mukti Ali, didampingi Dewan Pembina Lombok Hospital lainnya (Kusmiardi).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 142 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KTT Bebaturan Siapkan Sapi untuk Hewan Kurban

3 Juli 2022 - 15:26 WITA

Dirangkaikan dengan Harganas, Car Free Day Bangun Komitmen Turunkan Stunting

3 Juli 2022 - 12:01 WITA

Pemukulan Bedug Warnai MTQ XXIX Provinsi di Selong

1 Juli 2022 - 20:11 WITA

MTQ Provinsi di Lotim, Semangat bagi Millenial Bumikan Al-Qur’an

29 Juni 2022 - 09:25 WITA

Pisah Sambut Ketua PN 1B Selong,Bupati Paparkan Diskusi tentang Tiga Macam Hakim

25 Juni 2022 - 11:02 WITA

Sebanyak 974 Mahasisswa Unram “Serbu” 95 Desa di Lotim

23 Juni 2022 - 14:31 WITA

Trending di Lombok Timur