Berbagi Berita Merangkai Cerita

Masyarakat Lombok Timur Dapat Giliran Vaksinasi Covid-19

226

Dr. Fathurrahman, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Timur

SELONG, DS – Vaksinasi yang masih menjadi perdebatan di Tanah Air, menjadi salah satu alternatif pemerintah untuk melawan pandemi Covid-19. Di NTB sendiri, sebanyak 28.000 vaksin telah didatangkan.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, DR. Fathurrahman menyebutkan Lombok Timur juga pasti mendapat giliran Vaksinasi. Namun, masih banyak tahapan yang harus dilalui hingga rencana ini terlaksana.

“Cuma kan banyak persiapan, terutama terkait dengan data by name by address,” ungkapnya.

Pemberian vaksin juga tidak dilakukan sembarangan. Ada kriteria-kriteria yang tidak diperbolehkan mendapat vaksin.

Seperti orang dengan penyakit komorbid (penyerta) tertentu berdasarkan tinjauan medis. Serta tidak pernah terjangkit Covid-19 sebelumnya.

Ia pun menjelaskan bahwa data-data telah diserahkan ke Provinsi untuk divalidasi. Serta menentukan siapa saja warga yang layak mendapat vaksinasi.

“Kalau tidak salah sistemnya pemberitahuan dengan SMS. Tapi setelah itu tetap juga dilakukan pemeriksaan medis. Supaya jangan sampai salah sasaran,” terangnya.

Meskipun akan dilakukan vaksinasi, namun epidemiolog ini juga tetap meminta agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian. Membudayakan pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak.

“Memperhatikan data yang ada, dalam dua minggu ini masih terjadi penularan. Sudah seharusnya kita tetap meningkatkan protokol kesehatan,” imbaunya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.