Berbagi Berita Merangkai Cerita

Masjid Tutup Tapi Pasar Buka, Ini Penjelasan Bupati Lotim

0 46

SELONG,DS- Kebijakan penutupan masjid untuk menggelar shalat 5 waktu dan sholat Jum’at mendapat banyak kritikan dari masyarakat. Masyarakat membandingkan penutupan masjid yang jamaahnya berwudhu dengan pasar yang tetap dibuka walau yang datang ke sana beragam.

Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy, memberikan tanggapan terkait kritikan masyarakat yang banyak terlontarkan melalui media sosial tersebut.

Saat menggelar konferensi pers Jum’at (03/04/2020), di hadapan wartawan, Bupati mengatakan Masjid sebagai tempat suci yang tidak bisa dibandingkan dengan pasar. Masjid sebagai tempat suci yang dikhususkan untuk beribadah. Sedangkan pasar merupakan tempat bertransaksi yang didatangi oleh orang-orang dengan beragam latar belakang.

Jika terjadi penularan Covid-19 di masjid akan mencemari citra masjid sebagai rumah Allah. Kondisi itu akan berbeda jika penularan terjadi di pasar.

“Masjid itu tempat terhormat. Pasar itu jangan dibandingkan dengan masjid. Masjid itu adalah tempat yang terhormat. Milik Allah. Kalau kita ramai-ramai di sana, lalu terjadi penularan (Covid-19,red) di masjid itu, kehormatan masjid itu menjadi tercemar,” ujar Sukiman.

Sedangkan pasar tetap dibuka sebagai upaya menjaga pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Tanpa beroperasinya pasar, dapat menyebabkan terjadinya kekacauan. Karena masyarakat akan kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kalu pasar ditutup, kemudian terjadilah rush. Dimana-mana orang mencari beras. Dimana-mana orang hiruk pikuk mencari kebutuhan sehari-hari. Mengakibatkan kita menjadi tidak karuan, jika tidak dipenuhi perekonomian ini maka kita menjadi lapar,” jelasnya.

Hal tersebut tentunya juga akan berdampak pada kualitas ibadah umat muslim di Lombok Timur. Dengan kondisi lapar, tentunya kekhusukan dalam beribadah juga menjadi terganggu.

“Kalau kita lapar, bagaimana kita bisa beribadah. Menghadap kepada Allah. Mengabdi kepada Allah,” katanya. dd

Leave A Reply